Satlantas Polres Aceh Utara Telah Vaksinasi 1.500 Orang

VAKSIN SISWA- Kasat Lantas Polres Aceh Utara AKP Adek Taufik mendampingi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sedang divaksinasi Covid-19. FOR RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Aceh Utara, dalam tiga bulan terakhir ini berhasil melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, pelajar dan petugas pelayanan publik sekitar 1.500 orang lebih.

Vaksinasi itu sudah berlangsung di sejumlah lokasi di Kabupaten Aceh Utara, dan mendapatkan respon positif dari tokoh masyarakat serta pihak sekolah.

Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal melalui Kasat Lantas AKP Adek Taufik mengatakan, pihaknya akan terus memacu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam wilayah tugasnya. ” Kegiatan ini kita langsungkan untuk mendukung program Pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi dan sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19,”katanya dikonfirmasi Rakyat Aceh kemarin.

Adek Taufik menyebutkan, dalam pelaksanaan vaksinasi juga dipadukan dengan konsultasi kesehatan serta pengobatan gratis dan pemberian bantuan sembako. Sedangkan, tim yang terlibat untuk menyukseskan vaksin, yakni petugas Urkes Polres Aceh Utara, Dinas Kesehatan dan personel Satlantas Polres Aceh Utara.

“Vaksinasi Covid-19 kepada sasaran yang kita laksanakan selama ini tanpa adanya paksaan, baik di sekolah-sekolah, gampong maupun di gerai vaksin TNI/Polri,”ucapnya, seraya menambahkan, dalam setiap kegiatan vaksinasi Covid-19 juga menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat.

Bahkan, lanjut dia, jika ada masyarakat dan pelajar yang ingin divaksin dan harus menempuh jarak jauh kelokasi vaksin maka siap menyediakan transportasi antar jemput. “Ini semua kita lakukan untuk memudahkan masyarakat atau penerima vaksin di Aceh Utara, kadang masyarakat kita punya kesadaran sendiri untuk divaksin, tapi karena lokasi gerai vaksin yang jauh dan tidak punya kendaraan transportasi sehingga malas ikut vaksin,”ungkapnya.

Sementara itu, vaksin yang sudah dilakukan Satlantas Polres Aceh Utara sekitar 1.500 orang lebih, diantaranya pada Kamis (14/10) di SMAN 1 Tanah Jambo Aye tervaksin 202 orang, Rabu (13/10) tervaksin 120 orang di Gampong Seureke Kecamatan Langkahan Aceh Utara dan Sabtu (9/10) di Gerai Vaksin TNI/Polri Urkes Polres Aceh Utara tervaksin 168 orang.

Kemudian, pada Selasa (5/10) tervaksin 156 orang di Gampong Babussalam Unit V Kecamatan Baktiya, selanjutnya Minggu (3/10) di Gerai Vaksin TNI/Polri Urkes Polres Aceh Utara tervaksin 165 orang.

Sedangkan, pada Senin (17/9) yang berlangsung di Gerai Vaksin TNI/Polri Poslantas Lhoksukon tervaksin 160 orang, Selasa (7/9), di SMAN 1 Tanah Jambo Aye tervaksin 142 orang, Senin (6/9) tervaksin 89 orang di SMAN 1 Lhoksukon dan Kamis (15/7) di Gerai Vaksin Presisi Polres Aceh Utara tervaksin 120 orang serta lokasi vaksin lainnya.

Selain itu, Kasat Lantas juga mengimbau kepada masyarakat dan pelajar yang sudah vaksin supaya tetap mematuhi Prokes Covid-19, seperti memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas.

Sementara Hamdani (42) salah seorang warga Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, kepada Rakyat Aceh menyampaikan, diri sangat mendukung vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Satuan Lalulintas Polres Aceh Utara selama ini. ” Kan vaksin itu aman dan halal, saya sendiri sudah dua kali ikut vaksinasi. Alhamdulillah, tidak ada masalah terhadap kondisi kesehatan saya. Semoga Covid-19 segera berlalu di Aceh Utara, Aceh dan Indonesia umumnya,”pintanya. (arm/icm)