Warga Beuringen Bersihkan Saluran

Warga Gampong Beuringen Kecamatan Meurahdua, Pijay, Minggu (17/10) melaksanakan gotroy menyambut 12 Rabiul Awal. Abdullah Gani/Rakyat Aceh

MEUREUDU (RA) – Warga Gampong Beuringen Kecamatan Meurahdua, Pidie Jaya, didominasi pemuda, pada Minggu (17/10) melaksanakan gotong royong. Sasaran utama adalah saluran air serta semak-semak. Pada hari yang sama, penduduk Desa Masjid Tuha Kecamatan Meureudu juga membersihkan tempat ibadah serta tanah pekuburan. Kegiatan sama juga berlangsung di delapan kecamatan di kabupaten tersebut.

“Warga saya juga gelar bakti sosial,” kata Jafaruddin Camat Trienggadeng.
Ratusan meter saluran induk sepanjang jalan provinsi di Gampong Beuringen yang selama ini dipenuhi sampah juga semak-semak sepanjang drainase tersebut, gotroy menjadi bersih dan air yang tergenang pasca hujan deras pada, Sabtu (16/10).

“Lihat ini bagaimana derasnya air setelah drainase menjadi bersih,” sebut Tgk Syarifuddin atau lebih akrab disapa Tgk Din.

Gotong royong massal dilaksanakan adalah dalam rangka menyambut 12 Rabiul Awal 1443 H yang jatuh pada, Selasa (19/10).

Camat Meurahdua, Iskandar SE dan Camat Meureudu, Jailani SE, MM yang ditanya wartawan harian ini secara terpisah disela-sela memantau kegiatan bakti sosial mengatakan, pembersihan lingkungan termasuk sarana ibadah, sudah menjadi rutinitas menyambut hari-hari besar Islam. Masyarakat sangat antusias apalagi pemuda dan gotroy akan berlanjut jelang maulid di desanya.

Camat Ulim, M Riski Syahdan menjawab Rakyat Aceh juga menyebutkan, menyambut maulid tahun ini, sejumlah gampong di wilayahnya juga menggelar bakti sosial membersihkan masjid dan lingkungan sekitar. Di Trienggadeng misalnya, warga Deah Pangwa juga melaksanakan gotong royong.

Sebagian gampong di semua kecamatan disana sudah menggelar rapat atau musyawarah penentuan peringatan hari lahirnya junjungan alam Nabi Besar Muhammad SAW. Bahkan, melihat kondisi Covid-19 yang kini terus semakin membaik, beberapa gampong juga bakal menggelar dakwah islamiah dengan mengundang penceramah.

Sepertri halnya di Gampong Meunasah Jurong Teupin Pukat-Meurahdua, Hasil musyawarah beberapa hari lalu, selain kenduri maulid yang rencananya berlangsung pada Minggu, 5 Desember 2021 juga akan melaksanakan dakwah.

Sementara penceramah atau muballiq kini sedang dicari satu dari empat yang dicalonkan masyarakat setempat. “Selain kenduri maulid, desa kami rencananya juga menggelar dakwah,” sebut Tarmizi SPd, Keuchik Meunasah Jurong-Meurahdua, Minggu kemarin.(mag87/rus)