Truk Tronton Muatan Minuman Terbalik

Truk tronton muatan minuman Lasegar terbalik di jalan lintas Medan-Banda Aceh, Kabupaten Aceh Tamiang persisnya di depan Yonif Raider Khusus 111/KB, Rabu (20/10). DEDE/RAKYAT ACEH

KUALA SIMPANG (RA) – Truk tronton BL 8991 KY bermuatan ribuan botol minuman larutan penyegar mengalami kecelakaan tunggal di jalan lintas Medan-Banda Aceh, Rabu (20/10).
Pemantauan di lokasi, posisi truk roda 10 itu terbalik sebelah kiri tepat di depan Markas Yonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti Tualang Cut, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang.

Hingga pukul 12.25 WIB, truk nahas tersebut belum dievakuasi. Sementara ratusan dus minuman tumpah ke beram jalan. Saat itu seluruh muatan baik kemasan kaleng maupun botol dimasukan ke karung dioper ke truk tronton lain.

Syaiful (53), sopir truk mengatakan kejadian sekitar pukul 03.00 WIB. Faktor kecelakaan disebabkan saat truknya jalan tiba-tiba disalip sebuah mobil mini bus dari belakang. Sementara dari arah depan muncul bus Patas melintas sangat kencang.

“Tidak bertabrakan. Saya disalip mobil lain. Dari depan ada bus juga jadi ngerem mendadak,” kata Syaiful di lokasi kejadian.

Syaiful menjelaskan truknya hanya membawa muatan produk minuman Lasegar dari Medan tujuan Lhokseumawe. Dia menyetir seorang diri tanpa membawa kernet. Selama dalam perjalanan dia mengaku tidak mengantuk ataupun ada kerusakan pada rem mobil.

“Rem bagus. Saya hanya sendiri, mobil jalan pelan. Saya enggak ada luka apa-apa,” akunya.
Menurut Syaiful personel polisi sudah datang ke lokasi melihat kondisi truk yang terbalik sebelah kiri tersebut. Dari pagi korban sudah menghubungi rekan seprofesi menunggu evakuasi truk tronton nahas tersebut.

“Rencana kalau muatan sudah kosong mau ditarik pakai mobil kawan,” pungkas Syaiful.
Warga setempat, Bambang mengatakan insiden terbaliknya truk Lasegar di depan Batalyon 111 Tualang Cut diperkirakan sekitar pukul 02.30 WIB. Sebab saat dia melintas pulang kerja sekitar pukul 02.00 WIB belum ada kejadian apapun.

“Setahu saya hanya kecelakaan tunggal tidak kontra dengan kendaraan lain,” ujar Bambang. (mag-86/rus)