Dayah Samudera Pasai Madani Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Komplek Dayah Samudera Pasai Madani Jeumpet Ajun, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Jum'at (22/10). Foto istimewa

Harianrakyataceh.com I ACEH BESAR – ¬†Dayah Samudera Pasai Madani Jeumpet Ajun, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, untuk pertama kalinya melaksanakan upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, pada Jum’at (22/10) pagi.

Upacara dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2021 ini,
dilakukan guna mengingatkan santri tentang indentitas dan tugas besarnya dalam membangun dan menjaga kedaulatan bangsa.

Untuk menunjukkan identitas santri Indonesia, santri mengenakan pakaian batik dan bersarung saat upacara.

Rangkaian upacara berlangsung dengan mengikuti tata tertib upacara hari santri secara nasional.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Pimpinan Dayah Samudera Pasai Madani (DSPM) Tgk Mursalin Basyah Lc MAg. Selain pembacaan Pancasila, pimpinan dayah juga menyampaikan pidato kebangsaan. Ada tiga hal penting yang disampaikan dalam pidatonya.

Pertama, mengajak santri untuk melestarikan kecintaan kepada bangsa dan tanah air. Kedua, makna hari santri yang dilandasi oleh peristiwa resolusi jihad, dimana santri punya tugas besar menjaga kedaulatan bangsa Indonesia. Ketiga, meningkatkan semangat juang dalam menuntut ilmu di pesantren dan bersabar atas lelahnya belajar.

Dayah Samudera Pasai Madani (DSPM) beroperasi mulai tahun ini dengan jumlah santri perdana sebanyak 75 santri yang menduduki bangku kelas I Madrasah Tsanawiyah.

Sistem pendidikan dayah yakni
Modern Terpadu, dengan program unggulan pembentukan karakter, Tahsin/Tahfidz Al Qur’an, Bahasa Asing, Kitab Turats/Kuning dan Bakat Minat. (ra)