Santri Berperan Penting Dalam Pembangunan Bangsa

Penyerahan operasional kepada 10 pondok pesantren yang baru usai upacara HSN di kantro Kemenag setempat, Jum'at 23/10. Maulana/ Rakyat Aceh

IDI (RA) – Kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H Salman, S.Pd,.M.Ag mengtakan peringatan hari santri nasional harus menjadi momentum bagi santri untuk terus meningkatkan kualitas diri serta ikut serta mengambil peran dalam pembangunan bangsa.
Hal ini disampaikannya saat menjadi inspektur pada Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 di halaman Kemenag Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (23/10).

Dalam amanatnya Salman menyebutkan bahwa santri adalah komponen tidak terpisahkan dari sejarah bangsa ini. Santri merupakan komponen bangsa yang telah memberikan kontribusi besar dalam usaha perjuangan kemerdekaan, bahkan pasca kemerdekaan santri juga masih berjuang untuk mendidik umat dan memajukan Negara.

“Bahwa sejarah telah mencatat keberadaan santri di nusantara sebagai tonggak awal sejarah kemerdekaan. Selamat hari santri, santri siaga jiwa raga,” ujar Salman.

Di tengah musibah Covid 19 ini, H Salman turut meminta , santri harus berada di garda terdepan dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat sehingga ikhtiar pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 ini akan berhasil.
“Santri harus berada di garda terdepan dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Semoga pandemi ini cepat berlalu di negeri kita ini,” tandas Salman.

Usai upacara, Salman turut membagi izin operasional kepada 10 pondok pesantren baru dan pemberian santunan anak yatim kepada 20 orang santri pondok pesantren. Seluruh peserta upacara memakai pakaian khas santri kain sarung, baju Putih dan kopiah. (mol/rus).