Proyek Bendungan Intake Tungel Senilai 23 Miliar Terus Dipacu

Deputi RR BNPB Pusat, Jarwansyah didampingi PPK proyek M Saleh saat meninjau lokasi proyek Bendungan Intake di Gayo Lues belum lama ini. (YUD)

HARIANRAKYATACEH.COM – Proyek pembangunan Bendungan Intake Tungel di Kecamatan Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues, Aceh terus dipacu pekerjaanya hingga saat ini progressnya sudah mendekati 90 persen.

Informasi diperoleh, proyek bendung inteke yang berfungsi sebagai penyadap aliran sungai ini di bawah pengawasan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Gayo Lues.

Baru-baru ini Deputi RR BNPB Jarwansyah turun langsung ke Gayo Lues meninjau proyek dari sumber dana hibah APBN TA 2020 senilai kontrak Rp 23 miliar tersebut.

Proyek Bendungan Intake dengan rekanan pelaksana dari CV Asia Teknik ini mulai dikerjakan sejak 19 April 2021 dan telah dilakukan penambahan waktu atau addendum hingga November 2021 mendatangkan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada proyek tersebut, Muhammad Saleh. M, di Gayo Lues, Senin (25/10/2021) mengatakan, hingga hari ini progress pembangunan Bendungan Intake Tungel sudah mencapai 89 persen.

“Pekerjaan Bendungan Intake Tungel ditargetkan akan rampung sesuai dengan limit waktu perpanjangan kontrak yaitu bulan November 2021,” ujarnya.

Dijelaskan M Saleh, kendala yang dihadapi rekanan selama ini di Kabupaten Gayo Lues yaitu faktor cuaca curah hujan tinggi yang mengakibatkan pekerjaan fisik terpaksa harus erhenti beberapa hari.

“Hal inilah yang menyebabkan pekerjaan Bendungan Intake agak terlambat. Namun kita tetap pantau kemajuan pekerjaan ini, supaya bisa selesai sesuai target,” pungkas Muhammad Saleh. (yud)