Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Leubu Makmur Ancam Keselamatan Warga

HARIANRAKYATACEH.COM – Perdebatan di media sosial (sosial), kian terjadi sesama masyarakat. Banyak penilaian negatif dari netizen terhadap lemahnya kepemimpinan Bupati Bireuen di bidang pembangunan.

Setelah tranding di media terkait rusak parahnya ruas jalan di Keude Guruegok Kecamatan Gandapura, kini timbul permasalahan baru yang dapat mengancam keselamatan pengendara.

Ruas jalan utama Kecamatan Makmur (Jalan Leubu) kembali menjadi perhatian publik. Banyak asumsi negatif dari masyarakat di medsos, mengeluh dengan kondisi jalan yang tak kunjung diperbaiki.

Padahal, jalan tersebut merupakan satu-satunya akses penghubung antar kecamatan Makmur. Dari Simpang Leubu hingga menuju ke Ulee Gle Desa Leubu Tringgadeng, sudah bertahun-tahun luput dari perhatian pemerintah.

Jikapun dibangun, hanya beberapa kilometer saja. Dikala musim hujan, genangan air dibeberapa ruas jalan nampak seperti kolam bebek, becek dan sangat membahayakan pengendara yang melintas.

Bakhtiar, selaku warga Gampong Lapehan Mesjid, Kecamatan Makmur sangat menyayangkan kondisi dibeberapa ruas jalan yang rusak parah.

Ia juga mengaku, pada Sabtu 23 Oktober 2021 kemarin, ada seorang siswa dari Makmur terpaksa tidak masuk sekolah karena dalam perjalanan melintasi jalan Simpang Leubu tersebut, terjatuh di kubangan sehingga bajunya kotor terkena lumpur.

“Hampir di semua aspek, Kecamatan Makmur sangat tertinggal. Kami masyarakat Makmur merasa sedih dengan kondisi jalan seperti ini. Jika kami masih punya pemimpin, tolong diperhatikan. Jalan tersebut merupakan satu-satunya nadi kehidupan masyarakat di Leubu,” ujarnya kepada media ini, Minggu (24/10).

Bakhtiar menambahkan, di musim hujan genangan air dibeberapa ruas jalan, seperti di Desa Leubu Tringgadeng, Leubu Mee dan perbatasan antara Kecamatan Makmur-Gandapura, terlihat cukup membahayakan. Untuk melintasi ruas jalan itu, pengendara harus sangat hati-hati.

“Semoga segera diperbaiki demi keselamatan pengguna jalan,” harapnya.

Sementara salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen, Zulkarnaini atau yang sering disapa Zoel Sopan mengaku, jalan utama Kecamatan Makmur tersebut akan diperbaiki dalam waktu dekat.

“Sudah dibahas oleh Tim Badan anggaran (banggar) DPRK Bireuen terkait perbaikan jalan tersebut. Jika tidak ada hambatan dan kendala dilapangan, Insyaallah bulan November mendatang sudah mulai dikerjakan,” pungkas politisi Partai Aceh ini, yang juga merupakan putra asli Makmur. (akh)