Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 27 Oct 2021 14:23 WIB ·

Indonesia Tuan Rumah Pertemuan G20 Tahun 2022, Indonesia Harus Mengambil Momentum Ini


 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Perbesar

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

JAKARTA – Indonesia bisa mengambil momentum dari pandangan baik dunia internasional selama ini. Sebagai negara yang dianggap berhasil dalam menangani pandemi Covid-19 sekaligus percepatan dalam pemulihan ekonomi nasional, Indonesia bisa menjadi sebuah contoh.

Begitu pula saat menjadi tuan rumah Presiden G20 yang prestisius.  “Ini adalah pertemuan terbesar dunia di antara pemimpin berpengaruh, yang akan menjadi pusat perhatian dunia,” ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dalam pidato pembukaan  kuliah umum Golkar Institute yang disampaikan virtual Rabu (27/10/2021),

Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian menjelaskan, dari pertemuan G20 pada tahun 2022, Indonesia sebagai tuan rumah memiliki peluang besar untuk mengatur agenda dan membujuk negara-negara lain tentang jalan terbaik ke depan di dunia pascapandemi.

“Kita juga bisa menjadi suara dunia yang sedang berkembang, suara dengan nada ramah tetapi dengan tujuan yang jelas, suara nalar di dunia dengan meningkatnya ketegangan kekuatan besar, yang secara mengkhawatirkan bergerak di jalan yang mungkin disesali oleh semua orang,” ucap Airlangga Hartarto.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ( KPCPEN) lebih jauh menyatakan bahwa suara Indonesia harus mewakili sekaligus menjadi suara kemanusiaan dan demokrasi.  “Kita harus tetap bersahabat, kita bukan mengejar ketakutan atau keangkuhan, tetapi untuk saling merangkul dalam semangat harapan dan kepentingan bersama,” terang Airlangga Hartarto.

Airlangga secara khusus menyampaikan pujiannya kepada pakar tentang Asia dan Indonesia asal Singapura, Prof. Kishore Mahbubani. Penasehat Golkar Institute tersebut berpendapat bahwa Indonesia sekarang dalam posisi yang baik untuk memainkan peran seperti itu.

“Profesor Kishore bisa menjelaskan bahwa dalam konteks kepemimpinan dan demokrasi di dunia saat ini, Indonesia patut berbangga,” jelas Airlangga Hartarto.

“Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia,  sangat beragam, dengan ribuan pulau, tempat yang tidak mudah bagi siapa pun untuk memerintah – namun, bahkan di bawah hari-hari tergelap di tengah pandemi Covid-19, kita berhasil menjaga demokrasi dan ekonomi kita relatif sehat,” papar Ketum Partai Golkar.

Airlangga Hartarto menegaskan, dari keberhasilan penanganan pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi, dan stabilitas politik, demokrasi Indonesia akan menjadi lebih kuat. Ekonomi nasional akan tumbuh lebih baik lagi.

“Kami telah menunjukkan kepada dunia bahwa kami telah berhasil melakukan banyak hal yang dianggap tidak mungkin di dunia yang sedang berkembang serta menumbuhkan bunga demokrasi dengan merangkul keberagaman, dengan memeluk Islam dan moderasi, dan dengan membiarkan kebebasan berkembang dengan tetap menjaga ketertiban dan kesopanan.

Mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia, juga terlihat sangat menggembirakan. “Kami tumbuh dengan lebih dari 7 persen pada kuartal kedua tahun ini, tingkat tertinggi pertumbuhan triwulanan dalam 16 tahun terakhir,” Ketua Umum Partai Golkar menjabarkan.

Airlangga Hartarto menegaskan, meskipun Indonesia dilanda pandemi,  tetapi dibandingkan dengan apa yang terjadi di kebanyakan negara lain, Indonesia diberkati dengan ekonomi yang tangguh.

“Rekor kami sejauh ini adalah yang terbaik di Asia, dalam hal tingkat rebound setelah atau selama pandemi,” tegas Airlangga Hartarto.

“Jika kita melanjutkan tren positif ini di tahun-tahun mendatang, Indonesia akan menjadi satu dari lima ekonomi terbesar dunia, jauh sebelum kita merayakan 100 tahun Kemerdekaan Indonesia di tahun 2045. Inilah impian kita yang terdalam: kuat, sehat, negara yang masuk akal, kekuatan untuk kebaikan di dunia,” terang Airlangga Hartarto.

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Trending di UTAMA