Intensitas Hujan Tinggi Sembilam Desa di Aceh Tenggara Terendam

Personel Kodim 0108 Aceh Tenggara memantau kondisi pasca banjir yang terjadi di beberapa desa. IST/RAKYAT ACEH

KUTACANE (RA) – Hujan deras yang mengguyur Aceh Tenggara dalam beberapa hari terakhir, mengakibatkan sembilan desa dilanda bencana alam banjir, Selasa (26/10).
Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Dareh (BPBD) Aceh Tenggara, Nazmi Desky mengatakan, sembilan desa terendam terendam teraebut, tersebar di tiga kecamatan, seperti di Kecamatan Tanoh Alas, Babul Rahmah dan Kecamatan Ketambe.

“Bencana alam banjir, terjadi pada Selasa dini hari (26/10) sekitar pukul 03.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian masih dalam pendataan,” kata Nazmi Deski kepada Rakyat Aceh.

Dikatakan, sembilan desa yang dilanda banjir yakni Desa Salim Pinim Satu dan Desa Jambur Damar, Kecamatan Tanoh Alas. Lalu di Kecamatan Babul Rahmah yakni Desa Titi Hakhpaen (Harapan), Desa Titi Mas, Alas Mesikhat dan Tuhi Jongkat.

Sementara di Kecamatan Ketambe yakni Desa Simpur Jaya, Lak-Lak dan desa Aunan. Adapun penyebab, banjir juga disebabkan luapan sungai di kawasan daerah tersebut. “Dampak dari banjir telah menyebabkan 207 kepala keluarga rumahnya terendam banjir dengan ketinggian sekitar 50 centimeter,” jelasnya lagi.

Bahkan, banjir terjadi di Kecamatan Ketambe diperparah dengan adanya tanggul disungai yang jebol. Bahkan hingga kini rumah penduduk dikawasan tersebut masih terendam banjir. “Sementara waktu korban banjir mengungsi ke rumah keluarga terdekatnya. Dan Alhamdulillah pantaun kita dilapangan air juga sudah berangsur surut,” katanya lagi. Seraya menambahkan, warga diminta untuk tetap waspada terlebih yang tinggal di dekat aliran sungai.

TNI Bersihkan Material
Pasca banjir melanda tiga kecamatan di Aceh Tenggara, Komandan Kodim 0108 Aceh Tenggara Letkol Inf Robbi Firdaus turunkan sejumlah prajurit bersihkan material pasca banjir, Selasa (26/10).

“Bentuk kepedulian kami TNI kepada saudara kita yang berimbas banjir, saya telah perintahkan prajurit Kodim 0108 Aceh Tenggara untuk bersama-sama dengan masyarakat bergotong royong membersihkan sendimen material lumpur pasca banjir,” kata Letkol Inf Robbi Firdaus.

Dikatakan, pembersihan rumah rumah warga pasca banjir yang di akibatkan meluapnya air Sungai Kali Alas. Komandan Kodim Letkol Inf Robbi Firdaus, juga meminta kepada seluruh personil terutama jajaran Koramil dan Posramil yang berada di wilayah tersebut untuk siaga banjir susulan.

“Kegiatan ini terus di lakukan sampai keadaan betul betul normal dan kepada warga maupun masyarakat tetap waspada,” pungkasnya. (val/bai)