Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 12 Nov 2021 16:52 WIB ·

Sejarah Baru, Festival Budee Trieng Perdana Digelar di Bireuen


 Ketua DKA Bireuen, H Mukhlis Takabeya turut menguji Budee trieng milik Kecamatan Gandapura, yang disambut riang Camat Mirza Fahmi di Lapangan Paya Kareung, Peusangan, Bireuen, Kamis (11/11).
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Ketua DKA Bireuen, H Mukhlis Takabeya turut menguji Budee trieng milik Kecamatan Gandapura, yang disambut riang Camat Mirza Fahmi di Lapangan Paya Kareung, Peusangan, Bireuen, Kamis (11/11). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Dalam rangka pemperingati Hari Pahlawan Nasional (HPN), Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen menggelar serangkaian kegiatan yang dikemas dengan sebutan “Gemilang Budaya Bireuen”.

Ada tiga kegiatan akbar yang dilaksanakan, berupa Daring festival 2021, Gebyar Vaksin PT Takabeya dan Festival Budee Trieng.

Sementara Festival teut budee trieng atau meriam bambu merupakan sejarah baru, mengingat kegiatan tersebut dikemas semenarik mungkin dan baru perdana digelar di Bireuen. Menariknya, ajang ini diikuti oleh perwakilan 17 kecamatan yang di koodirir langsung oleh para camat.

Amatan Rakyat Aceh, Kamis (11/11) sejak pukul 09.00 – 17.30 WIB di Lapangan Paya Kareung, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Setiap tim terdiri dari 6 orang dengan memakai kostum unik, mulai pakaian khas perjuangan masa lampau hingga baju adat Aceh sebagai lambang keberanian.

Penggunaan aksesoris bervariasi dan pita merah putih, menjadikan kegiatan tersebut lebih menarik dipertontonkan. Bahkan, ada peserta membawa duplikat mobil tank, memakai roda sepeda motor maupun roda hand traktor sebagai tempat peletakan beude trieng.

Walaupun dibawah terik matahari, ratusan warga Bireuen sangat terkesan dengan gelaran tersebut. Tak jarang dari pengunjung bersorak riang mendengar letusan budee trieng yang dilakukan dengan bermacam teknis oleh peserta.

Disela-sela kegiatan, Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen, H Mukhlis SH mengatakan, DKA setiap tahunnya memiliki program kesenian berupa hiburan bagi rakyat dan tahun ini pihaknya berinisiatif menggelar hal yang unik dan tidak pernah dilakukan sebelumnya, berupa festival teut budee trieng.

“Budee trieng adalah tradisi lama yang harus dijaga. Banyak budaya kita yang sudah terkikis dan akan kita buyakan kembali. Kedepan, kita juga akan menggelar festival kebudayaan lainnya di Kabupaten Bireuen. Semoga masyarakat senang dengan kegiatan seperti ini,” ujar Mukhlis Takabeya selaku inisiator kegiatan ini.

Selain festival teut budee trieng, pihaknya juga membuka gerai vaksinasi di lokasi yang sama. Untuk pejuang vaksinasi yang beruntung, akan diberi hadiah 2 tiket umrah dan 1 sepeda motor oleh Direktur PT Takabeya Perkasa Group, yang akan diundi pada tanggal 13 November mendatang di Pendopo Bupati Bireuen.

“Banyak budaya yang sudah terlupakan dikalangan masyarakat. Dengan hadirnya DKA di Bireuen, kita akan terus berusaha menghidupkan kembali budaya yang sudah hilang selama ini,” sebut Direktur PT Takabeya.

Kecamatan Juli Peroleh Juara I

Dari 17 kecamatan yang mengikuti gelaran teut budee trieng, Kecamatan Juli ditetapkan sebagai juara I, dengan peroleh nilai 1249. Sedangkan Juara II diperoleh oleh Kecamatan Jangka dengan nilai 1235 dan juara III jatuh kepada Kecamatan Simpang Mamplam dengan nilai 1202.

Masing-masih dari juara, berhak mendapatkan uang pembinaan dengan rincian, juara I Rp. 10.000.000, juara II Rp. 3.500.000 dan juara III Rp. 2.000.000

Sedangkan untuk seluruh peserta yang sudah ikut partisipasi, juga diberikan bingkisan berupa cenderamata oleh panitia pelaksana. (akh)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Sekda Langsa Buka Kegiatan Dialog Penguatan Strategi SBS

28 March 2024 - 15:22 WIB

Tiga Kab di Aceh Dorong Pencapaian Stop Buang Besar Sembarangan

28 March 2024 - 15:00 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pasar Murah Rp150 Ribu/Paket 

28 March 2024 - 06:21 WIB

Pendaftaran Calon Pansel Panwaslih Bireuen Dibuka

25 March 2024 - 18:17 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Trending di DAERAH