Dinas Syariat Islam Gelar Seleksi dan TC Peserta MTQ Tingkat Kabupaten Bireuen, Berikut Jadwalnya

Kadis Syariat Islam Bireuen, Anwar SAg MAP memaparkan laporan terkait kegiatan seleksi dan TC dihadapan peserta MTQ tingkat Kabupaten Bireuen di Musallah kantor bupati setempat, Selasa (23/11). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen menggelar seleksi bagi peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Bireuen di Gedung LPTQ Kabupaten setempat, Selasa (23/11).

Kepala Dinas (Kadis) Syariat Islam Bireuen, Anwar SAg MAP saat pembukaan yang dilaksanakan di Musallah kantor Bupati mengatakan, peserta MTQ yang dilakukan hari ini, merupakan kelanjutan dari tahapan MTQ tingkat Kabupaten Bireuen yang sudah terlaksana beberapa waktu lalu.

“Seharusnya kegiatan hari ini, sudah selesai kita laksanakan. Namun, karena MTQ Provinsi Aceh ditunda hingga tahun depan, maka kami sepakat memberi kesempatan kepada peserta untuk dapat terus mempersiapkan diri lebih baik,” ujarnya.

Kegiatan seleksi berlangsung selama 2 hari, sejak Selasa – Rabu, 23 – 24 November 2021. Peserta merupakan juara 1 dan 2 MTQ kabupaten. Sementara peserta yang akan terpilih mewakili Bireuen ke ajang provinsi, akan mengikuti TC selama 4 hari.

“Bagi peserta yang dinyatakan lolos tingkat provinsi, akan mengikuti TC selama 4 hari sejak 25 – 28 November mendatang. Mereka akan mengikuti karantina selama TC di gedung LPTQ Kabupaten Bireuen sebagai pusat latihan dari seluruh rangkaian kegiatan MTQ,” sebut Anwar selaku ketua panitia pelaksana.

Ia mengaku, seluruh biaya bagi peserta selama mengikuti seleksi dan TC, ditanggung oleh Dinas Syariat Islam yang sudah dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK).

“Semua biaya ditanggung, mulai konsumsi peserta hingga biaya transportasi,” pungkas sapaan Cek Wan ini.

Sementara Staf Ahli Bupati Bireuen, Dr Mukhtar selaku utusan Bupati Muzakkar menyebutkan, seleksi MTQ tingkat Kabupaten merupakan bagian dari tahapan MTQ untuk menemukan bakat-bakat terbaik putera-puteri Kabupaten menurut bidangnya masing-masing.

“Para peserta yang terpilih dari hasil seleksi ini menurut laporan panitia akan dilakukan pembinaan melalui TC dalam rangka persiapan Kafilah Kota Santri mengikuti MTQ Aceh ke-35, yang akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2022 nantinya di Kabupaten Bener Meriah,” harapnya.

Baca Juga...  Ketua MIUMI Aceh Safari Dakwah ke Bireuen

Diharapkan, semoga pelaksanaan seleksi ini berjalan dengan seadil-adilnya. Sementara untuk seluruh Dewan Hakim, agar memberikan penilaian se-objektif mungkin, sehingga dapat melahirkan qari-qariah terbaik yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Bireuen sebagai Kota Santri pada event MTQ tingkat provinsi nantinya. (akh)