Sejumlah Ruas Jalan Menuju ke Desa Simpang Jaya Juli Rusak Parah

Kondisi ruas jalan utama menuju ke Desa Simpang Jaya, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Selasa (23/11). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Sejumlah ruas jalan utama menuju Desa Simpang Jaya, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, mengalami rusak parah dan membahayakan para pengguna jalan.

Pantauan Rakyat Aceh, kondisi kerusakan terjadi di beberapa lokasi, setidaknya ada 6 lokasi yang mengalami rusak parah. Rata-rata hampir separuh badan jalan rusak dengan kedalaman mencapai 15 cm hingga 30 cm. Kondisi ini diperparah saat terjadi musim penghujan, sehingga lubang jalan seperti kubangan di sawah.

Sementara ada 3 jembatan kecil yang terbuat dari pohon kelapa yang menjadi akses masyarakat, juga mengalami kerusakan.

Saat disambangi ke kediamannya, Mukim Juli Selatan, Zainuddin kepada media ini, Selasa (23/11) mengatakan, kondisi jalan cukup membahayakan bagi pengguna kendaraan yang akan melintasi jalan tersebut. Saat musim hujan, para pengguna kendaraan harus ekstra hati-hati karena kondisi susah untuk dilalui.

“Kami masyarakat Kecamatan Juli merasa sedih dengan kondisi jalan seperti ini. Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen, tolong diperhatikan. Jalan tersebut merupakan satu-satunya nadi kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Ia mengaku, jalan tersebut merupakan penghubung antar Kecamatan Juli dan Jeumpa. Sudah beberapa kali pihaknya mengeluh kepada Bupati. Bahkan, jalan itu merupakan prioritas tahunan di setiap Musrenbang Kecamatan.

“Saya perwakilan Kecamatan Juli di Musrenbang selalu mengusulkan perbaikan jalan tersebut. Semua setuju di tingkat kecamatan untuk dibahas sebagai prioritas di tingkat kabupaten. Namun hingga sekarang, hasilnya masih nihil,” pungkasnya.

Berbagai upaya sudahdi lakukan. Bahkan, masyarakat Juli sudah pernah ke rumah Bupati untuk meminta Muzakkar A Gani guna menandatangani proposal usulan pengajuan perbaikan jalan tersebut. (akh)