Stok Vaksin di Bireuen Menipis

Kadinkes Bireuen, dr Irwan A Gani AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Upaya Pemerintah dalam menekan laju penularan Covid-19 terus dilakukan. Program vaksinasi massal menjadi prioritas di seluruh Indonesia.

Kendati demikian, praktik vaksinasi di berbagai daerah khususnya Kabupaten Bireuen, kini terhambat lantaran ketersediaan dosis vaksin menipis.

Sedangkan kesadaran masyarakat dalam menyukseskan program vaksinasi terus meningkat, sehingga di beberapa Puskesmas lingkungan Kabupaten Bireuen stok vaksin kosong.

Hal ini diakui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bireuen, dr Irwan A Gani kepada Rakyat Aceh, Rabu (24/11) di Aula Setdakab lama Kota Juang.

Ia mengatakan, update data stok vaksin sonovac untuk dosis 1 di seluruh Puskesmas lingkungan Kabupaten Bireuen kosong, hanya di Puskesmas Monkeulayu tersisa 20 stok dan tidak menutup kemungkinan hari ini digunakan, mengingat gerai vaksin sudah dibuka di daerah masing-masing.

Sedangkan untuk ketersediaan vaksin Sinovac dosis 2, sebut Irwan, masih tersisa 2.862 dosis. Untuk jenis vaksin Pfizer 336 dosis dan vaksin Moderna sejumlah 98 dosis.

“Data tersebut merupakan update terbaru hari ini di seluruh Puskesmas lingkungan Kabupaten Bireuen. Sementara untuk stok vaksin di gudang farmasi Dinkes, hanya tersisa 82 dosis, itupun jenis Sinovac dosis ke 2. Sedangkan jenis vaksin lainnya, sudah kosong,” jelas Kadinkes.

Ia berharap, Pemerintah Pusat melalui Dinkes Aceh segera mengirim vaksin tambahan ke Bireuen. Di beberapa puskemas memang masih ada stok vaksin, tapi jumlahnya untuk kebutuhan saat ini tidak cukup. (akh)