Masih Terisolir, Sekolah Kampung Pantan Kemuning Diliburkan

Alat BPD Kabupaten Bener Meriah membersihkan matrial longsor yang menutupi badan jalan menuju kampung Pantan Kemuning Kecamatan timang Gajah Rabu (24/11).MASHURI RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Sekolah di Kampung Pantan Kemuning Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah terpaksa harus diliburkan karena daerah tersebut masih terisolir akibat longsor yang menghempang jalan masuk ke desa.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah Anwar Sahdi Kepada Rakyat Aceh Rabu (24/11).

“Ada sekolah SD dan SMP di kampung tersebut namun guru yang mengajar dan sebagian muridnya berasal dari luar kampung dan tidak bisa masuk karena jalan masih tertimbun longsor,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengaku telah melakukan pembersihan material longsor di dua titik lokasi dan masih ada dua titik jalan longsor yang masih dilakukan pembersihan menggunakan alat berat agar jalan menuju kampung pantan kemuning dapat segera dilintasi.

Ia menambahkan, satu titik longsor yang saat ini sedang diperbaiki berada di jalan utama menuju kampung pantan kemuning dan saat dilakukan pembersihan material longsor terus turun kejalan sehingga harus di tunda proses pembersihan di titik itu.

“Karena matrial longsor terus turun kita terpaksa menggeser alat berat ke dua titik lainya dan saat ini dua titik itu sudah selesai kita bersihkan dan kita akan fokus di titik utama yang longsornya cukup parah mencapai panjang 40 meter dengan ketinggian matrial longsor mencapai 3 meter,” ungkapnya.

Menurutnya, titik ini sudah dilakukan pembersihan sejak kemarin dan akibat matrial longsor terlalu banyak pihaknya terpaksa harus menggeser-geser alat berat ke titik-titik lain.” Kita juga kesulitan saat membawa alat berat ke lokasi karena medan menuju lokasi cukup sulit,“ ujarnya.

Selain itu katanya, sebelumnya juga ada kendala untuk membuang matrial longsor dan saat ini sudah diselesaikan oleh aparat kampung setelah dilakukan musyawarah bersama dengan masyarakat.” Dengan pemindahan material longsor jalan menuju satu rumah harus tertutup sehingga harus tertunda,” katanya.

Lebih lanjut katanya personil Brimob TNI dan Polri hingga saat ini masih berada di lokasi titik longsor namun matrial longsor yang ada harus dibersihkan menggunakan alat berat. (uri/min)