Astra Agro Dianugerahi Indonesia Best Women Empowerment Awards 2021

Caption Foto: Fenny Sofyan, Manager Communications and Investor Relations saat menerima Penghargaan Best Women Empowerement Awards 2021

HARIANRAKYATACEH.COM I JAKARTA – PT Astra Agro Lestari Tbk dianugerahi penghargaan sebagai Best Women Empowerment Initiative with Outstanding Community Partnership Engagement, Category Plantation Industry dalam Indonesia Best Women Empowerment Awards 2021 yang digelar secara virtual pada Jum’at (26/11).

Pada acara yang diselenggarakan Herstory.co.id, media platform digital di bawah naungan majalah Warta Ekonomi ini Astra Agro mendapatkan apresiasi berkat usahanya dalam mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan Indonesia yang lebih inklusif dalam Program Agrovaria Lovepink.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan sebagai perusahaan terbaik yang terus berupaya memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di lingkungan perusahaannya,” ujar Titi Eko Rahayu, S.E, M.A.P, Staf Ahli Menteri Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dalam Keynote Speechnya mewakili Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Menurutnya, besarnya populasi dan potensi yang dimiliki perempuan menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing. Begitu pula dengan hak akan akses, kesempatan, perlindungan, dan rasa aman yang sama dan setara di masyarakat menjadi salah satu hak perempuan yang di jamin oleh negara.

Pada event yang mengusung tema “Redefining The Defined” itu, indikator penilaian Indonesia Best Women Empowerment Awards 2021 didasarkan pada Kepemimpinan, Tempat Kerja Inklusif Gender, Perlibatan Komunitas dan Industri, Penggunaan Teknologi Digital, Transparansi dan Pelaporan, Respons terhadap COVID-19 yang Sensitif Gender.

Herstory juga melakukan riset menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisa laporan keberlanjutan perusahaan dan publikasi program perusahaan serta pendekatan media monitoring guna menilai sentimen positif media terhadap program pemberdayaan perempuan dalam kegiatan perusahaan.

“Terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada PT Astra Agro Lestari Tbk melalui program Agrovaria Lovepink,” ujar Fenny Sofyan, Communications and Investor Relations Manager PT Astra Agro Lestari Tbk yang mewakili manajemen menerima penghargaan tersebut.

Baca Juga...  Telkomsel Secara Bertahap Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G di 2022

Menurutnya, kepedulian Astra Agro dalam mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan telah dilakukan melalui kampanye penyadaraan pencegahan kanker payudara yang berlangsung sejak Mei-Oktober 2021 di seluruh area operasional perkebunan Astra Agro. Program kepedulian tersebut dilakukan bekerjasama dengan Yayasan Daya Dara Indonesia.

Program Agrovaria Lovepink melibatkan 4.000 kader posyandu, guru pembina, community development, tim safety health and environtment yang menjadi support group dalam memberikan edukasi mengenai bahaya kanker payudara di masing-masing daerah. Selain itu, Agrovaria Lovepink juga telah meluncurkan aplikasi Bresties 2.0, yaitu aplikasi digital yang dirancang untuk mendukung kampanye kepedulian terhadap bahaya kanker payudara.

Aplikasi hasil kerja sama Astra Agro dan Lovepink ini berguna dan bermanfaat dalam membantu mencegah diri dari risiko kanker payudara. Salah satunya, seperti fitur yang terdapat dalam Bresties 2.0 yang akan mengingatkan pentingnya melakukan SADARI (periksa payudara sendiri).

“Penghargaan dari Herstory ini juga akan menjadi inspirasi dan tanggung jawab perusahaan dalam menciptakan program-program terkait pemberdayaan perempuan yang lainnya dan memberikan impact yang lebih besar bagi masyarakat,” tambah Fenny.

Hal ini merupakan komitmen dari Astra Agro dalam memenuhi hak-hak pekerja perempuan dan kepedulian terhadap kesehatan perempuan. (ra)