UKM Jurnalistik UBBG Kunjungi Kantor Harian Rakyat Aceh

Pimpinan Umum Harian Rakyat Aceh Imran Joni, berfoto bersama dengan mahasiswa UKM BBG. IST/RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Sejumlah mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Bina Bangsa Getsampena (UBBG) Jurnalistik mengunjungi sekaligus silaturahmi ke kantor Media Harian Rakyat Aceh di jalan Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (28/11).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai ilmu jurnalistik dan memperkenalkan mahasiswa terhadap proses produksi berita, hingga sampai kepada pembaca.

Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa disambut oleh Pimpinan Umum Harian Rakyat Aceh Imran Joni, Pemimpin Redaksi Sulaiman Ahmad dan sejumlah wartawan.

Imran Joni mengatakan, sejarah berdirinya media Harian Rakyat Aceh, pada Januari 2005 yakni beberapa minggu pasca musibah gempa dan tsunami Aceh.

“Saat itu memang kondisi Aceh sedang berduka. Kemudian di tahun 2005, kita hadir dan mencoba menyapa pembaca melalui informasi yang saat ini dikenal media lokal cetak Harian Rakyat Aceh,” kenangnya. Selain itu, lanjutnya, menjadi seorang jurnalis juga mempunyai tantangan tersendiri.

Imran Joni juga menerangkan, bagaimana kerja kerja media dalam memproduksi sebuah berita, sehingga bisa sampai kepada pembaca. Apalagi saat ini, sebutnya media online terus tumbuh ditengah perkembangan teknologi.

“Jadi media saat ini harus bisa menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman. Kalau tidak maka akan ditinggal oleh pembaca,” jelasnya.

Pembimbing UKM BBG, Intan Maghfirah mengatakan, dalam kunjungan ke kantor Harian Rakyat Aceh para mahasiswa merasakan sangat terbantu dalam memahami tugas-tugas jurnalistik. Itu karena, kata Intan, saat ini UKM telah dipercaya untuk mengelola website kampus dan media sosial untuk mempublikasikan tentang program dan kegiatan kampus.

“Alhamdulillah dengan kunjungan ini, kami dapat lebih banyak tahu lagi bagaimana kerja-kerja media. Semoga ilmu yang kami dapat bisa bermanfaat,” kata Intan. (mar/bai)

Baca Juga...  Sabtu Besok,Gubernur Buka Muzakarah Ulama Se-Aceh di Lhokseumawe