14 Rumah di KP3 Lhokseumawe Ludes Terbakar

Sebanyak 14 rumah warga di kawasan KP3 Gampong Kota, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, ludes dilalap si jago merah pada Sabtu malam (27/11) sekira pukul 22.00 WIB. FOR RAKYAT ACEH.

LHOKSEUMAWE (RA) – Sebanyak 14 rumah warga di kawasan KP3 Gampong Kota, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, ludes dilalap si jago merah pada Sabtu malam (27/11) sekira pukul 22.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu, hanya saja harga benda tidak dapat diselamatkan dengan kerugian ditaksir Rp 1,5 miliar. Selain rumah, satu unit mobil dan satu sepeda motor milik warga setempat juga ikut terbakar. Kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

Kapolsek Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Iptu Arifin Ahmad menyampaikan, berdasarkan informasi di lapangan awal kebakaran itu terjadi dari salah satu rumah warga berkonstruksi kayu. Kemudian, api terus membesar hingga menjalar kerumah warga lainnya yang berdempetan.

Sementara warga yang melihat kebakaran itu, ikut membantu pemilik rumah untuk memadamkan api dengan air seadanya sambil menunggu datangnya mobil pemadam kebakaran. Api terus membesar hingga membumbung tinggi keudara dan warga yang melintas dikawasan itu ikut melihat kebakaran tersebut.

“Api baru dapat dipadamkan pada pukul 01.00 dini hari, setelah tibanya 12 unit mobil pemadam kebakaran. Dan petugas langsung berjibaku untuk memadamkan kobaran api,”ungkapnya.

Sebut Kapolsek, dalam upaya pemadaman juga mengalami kesulitan karena sulitnya mobil pemadam kebakaran masuk ke lokasi rumah terbakar.

Selain itu, lanjut Arifin, pasca kebakaran itu petugas dari BPBD Lhokseumawe telah mendirikan tenda darurat untuk penampungan sementara warga korban rumah terbakar.

Serahkan Bantuan
Sementara itu, Walikota Lhokseumawe, Suadi Yahya bersama Wakil Walikota Yusuf Muhammad, menyerahkan bantuan masa panik kepada keluarga korban rumah terbakar pada Ahad (28/11) siang.

Dalam penyerahan bantuan itu, turut didampingi oleh Sekda Kota Lhokseumawe,T. Adnan, Kepala Dinas Sosial Drs Ridwan Jalil dan kepala BPBD Kota Lhokseumawe Nirwansyah.

Baca Juga...  Kas Koperasi Polres Capai 6,3 Milyar

Bantuan yang diserahkan berupa beras, migor, mie instsn, sandang dan pangan. “Pemko Lhokseumawe turut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa masyarakat disini, kedatangan musibah sesuatu yang tidak kita duga- duga dan direncanakan. Semoga ada hikmah dibalik musibah ini serta tetap sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan Allah SWT,”ucap Wakil Walikota Lhokseumawe Yusuf Muhammad.

Ia mengatakan, bantuan masa panik yang diberikan oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe dapat dipergunakan dalam kondisi darurat ini. “Jangan dinilai jumlahnya dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Tapi yang perlu diketahui betapa besar perhatian Pemerintah terhadap warganya yang menimpa musibah,”ungkapnya. (arm/min)