Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 30 Nov 2021 19:36 WIB ·

Ketua Umum Pusat Kukuhkan Sejumlah PC Pergunu di Aceh, Tgk Muslem Hamdani : Kita Hadir untuk Bersinergi


 Ketua Umum PP Pergunu Prof. Dr. KH Asep Saifuddin Chalim, MA menandatangani SK Pengurus Cabang Pergunu Kota Sabang pada 28 November 2021. Foto For Rakyat Aceh Perbesar

Ketua Umum PP Pergunu Prof. Dr. KH Asep Saifuddin Chalim, MA menandatangani SK Pengurus Cabang Pergunu Kota Sabang pada 28 November 2021. Foto For Rakyat Aceh

HARIANRAKYATACEH.COM I BANDA ACEH – Sejumlah Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (PC Pergunu) di Aceh resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum Pimpinan Pengurus Pusat Pergunu.

Beberapa PC yang telah dikukuhkan antara lain yaitu PC Pergunu Kota Sabang pada Minggu 28 November, kemudian PC Pergunu Aceh Jaya pada 29 November dan PC Pergunu Pidie pada tanggal 30 November 2021.

Sementara itu, sejumlah PC Pergunu lainnya yang akan dikukuhkan dalam dua hari mendatang antara lain yaitu Bireuen, kemudian Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengurus Wilayah (PW) Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani, MA, Senin, 30 November 2021

Menurut Tgk Muslem yang juga aktivis dayah ini, proses pengukuhan sejumlah PC Pergunu di Aceh oleh Pimpinan Pusat Pergunu yang hadir bersama sembilaan orang rombongan merupakan hal yang istimewa karena biasanya kepengurusan PC itu dikukuhkan oleh PW.

“Namun, di Aceh sejumlah PC Pergunu dikukuhkan langsung Pimpinan Pusat, yaitu Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA bersama Pimpinan Wilayah yang menunjukkan keseriusan semua jajaran pimpinan untuk memajukan Pergunu di Aceh, ” ujar Tgk Muslem sebagaimana siaran pers yang dikirimkan Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Pergunu Aceh, Dr. T. Zulkhairi, MA.

Tgk Muslem juga menjelaskan, bahwa Pergunu yang merupakan badan otonom dari organisasi Nahdhatul Ulama ini dilakukan langsung oleh Pimpinan Pengurus Pergunu Pusat yang hadir ke Aceh sebanyak sembilan orang dan dipimpin oleh Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA selaku Ketua Umum PP Pergunu Pusat.

“Kehadiran Pergunu di Aceh yang merupakan badan otonom dari organisasi Nahdhatul Ulama ini adalah untuk mewujudkan visi dan misi yang telah disusun, yakni memperbaiki akhlak dan moral anak bangsa yang semakin terdegedrasi di era disrupsi dewasa ini, “ ujar Tgk Muslem didampingi Sekjend Pergunu Aceh, H.T. Mahyuddin Helmi, M.Si.

Menurut Tgk Muslem yang juga kandidat Doktor di Pascasajana UIN Ar-Raniry ini, Pergunu hadir di Aceh bukan untuk menandingi organisasi guru lainnya, akan tetapi untuk bersinergi dan berkalaborasi dalam membangun bangsa.

“Pergunu hadir untuk saling melengkapi dalam membangun bangsa dan saling berlomba-lomba dalam kebaikan. Pergunu Aceh dalam kiprahnya juga bertekad mengadvokasi apa yang menjadi kepentingan guru di Aceh serta kepentingan generasi muda Aceh untuk belajar, “ujar Tgk Muslem.

Oleh sebab itu, kata Tgk Muslem, untuk tujuan mengadvokasi kepentingan guru di Aceh, maka Pergunu Aceh juga melakukan kerjasama dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Advokasi dan Keadilan Aceh (YLBH AKA).

Selain itu, tambah Tgk Muslem, sejak beberapa tahun terakhir Pergunu Aceh setiap tahun memfasilitasi mahasiwa asal Aceh untuk menerima beasiswa belajar di Insitute KH. Abdul Chalim (IKHAC) di Mojokerto Surabaya.

“Sejauh ini Pergunu Aceh juga telah mengirim 36 orang anak Aceh untuk kuliah Program Sarjana dan Pascasarjana IKHAC. Dari S1, S2 maupun S3. Di kampus ini mahasiswa asal Aceh memperoleh biaya makan dan tempat tinggal gratis dan juga gratis biaya kuliah, “ tambah Tgk Muslem.

Ia mengharapkan bahwa nantinya mahasiswa asal Aceh penerima beasiswa Pergunu di IKHAC ini nantinya dapat menjadi perbendaharaan intelektual Islam Aceh di masa depan. (ra)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Tingkatkan Keamanan, Kemenkumham Aceh Rssmikan Blok Hunian Maximum Security di Lapas Banda Aceh

27 March 2024 - 05:03 WIB

Trending di METROPOLIS