Listrik Milik Pemda Sering Padam, Warga Desa Tingkem Pilih Menjadi Pelanggan PLN

Sejumlah 81 Kepala Keluarga Desa Tingkem, Kabupaten Gayo Lues memilih beralih menjadi pelanggan PLN karena listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) di bawah pengelolaan pemerintah daerah setempat mengalami padam listrik selama satu bulan penuh. Foto istimewa.

HARIANRAKYATACEH.COM I BLANGKEJEREN – PLN ULP Blangkejeren berhasil meningkatkan penjualan tenaga listrik melalui penambahan pelanggan baru. Pelanggan tersebut berasal dari Desa Tingkem, Kabupaten Gayo Lues.

Sejumlah 81 Kepala Keluarga memilih beralih menjadi pelanggan PLN dikarenakan mereka merasakan ketidakpuasan saat belum menjadi pelanggan PLN. Mereka yang sebelumnya menggunakan listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) di bawah pengelolaan pemerintah daerah setempat mengalami padam listrik selama satu bulan penuh.

Sebelum generator mesin meledak-pun mereka kerap merasakan padam listrik hingga durasi dua hingga tiga kali dalam seminggu.

“Kami merasakan begitu gelapnya rumah kami saat malam hari, pagi sampai siang pun susah beraktifitas tanpa listrik apalagi malam dan ini berlangsung selama sebulan,” ujar Sultan, Geuchik Desa Tingkem, Selasa (30/11/2021).

Dijelaskan, pemadaman listrik tersebut dikarenakan meledaknya generator mesin PLTMH di desa tersebut. Hal itu dipicu oleh kurangnya perawatan mesin dan juga tidak dilakukannya pemeliharaan mesin secara berkala, serta tak mampu lagi menahan beban penggunaan listrik oleh masyarakat Tingkem yang semakin lama semakin diluar batas kapasitas mesin.

Menurut Sultan kurangnya perawatan mesin dikarenakan minimnya dana untuk pemeliharaan dan perawatan generator mesin. Sejak meledaknya generator mesin dan tak kunjung ada perbaikan maka satu persatu warga Desa Tingkem berdatangan ke rumah keuchik. Akhirnya, dirinya bersama warga melakukan musyawarah dan mencari solusi agar warganya bisa bergabung menjadi pelanggan PLN.

Pada 13 Oktober 2021 lalu, sebanyak 81 rumah telah serentak dilakukan pemasangan listrik oleh PLN ULP Blangkejeren. Meskipun biaya token listrik nantinya lebih mahal daripada saat menggunakan listrik PLTMH namun warga tidak keberatan, karena mereka dilayani lebih baik saat menjadi pelanggan listrik PLN ULP Blangkejeren.

Baca Juga...  Kenalkan Kearifan Lokal, Mendag: Side Event G20 Dorong Ekonomi Daerah

“Walaupun Desa Tingkem ini terbilang jauh dari Kota Blangkejeren namun kami selaku penyedia layanan listrik sudah berkomitmen untuk menerangi Bumi Gayo Lues hingga kepelosok”, ucap Sertino Anggara Putra selaku Manager ULP Blangkejeren. Pria alumni Universitas Gajah Mada itu tampak semangat saat penyalaan listrik di salah satu rumah warga. Kami para insan PLN ULP Blangkejeren berharap warga Desa Tingkem tidak lagi terhambat aktifitasnya dikarenakan kendala listrik padam seperti yang pernah dirasakan ketika menggunakan PLTMH. Selamat bergabung dengan listrik PLN para warga Desa Tingkem. (ra/slm)