Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 2 Dec 2021 18:46 WIB ·

Pertamina dan Human Initiative Panen Raya Budidaya Lele Bioflok di Desa Hagu Teungoh


 Pertamina bersama Human Initiative mengadakan panen raya lele bioflok di Desa Hagu Teungoh Kecamatan Banda Sakti,Kota Lhokseumawe. Foto istimewa Perbesar

Pertamina bersama Human Initiative mengadakan panen raya lele bioflok di Desa Hagu Teungoh Kecamatan Banda Sakti,Kota Lhokseumawe. Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM I LHOKSEUMAWE – Pertamina bersama Human Initiative mengadakan panen raya lele bioflok di Desa Hagu Teungoh Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (1/12/2021).

Panen ini dilaksanakan setelah dua bulan kelompok binaan Budidaya Lele Bioflok Desa Hagu Tengoh melakukan pembudidayaan lele bioflok. Kegiatan ini diinisiasi oleh PT Pertamina Integrated Terminal Lhokseumawe yang berkolaborasi dengan Human Initiative sebagai fasilitator dalam pendampingan kelompok binaan ini.

Panen raya ini juga di hadiri oleh berbagai elemen seperti, Dandim 0103 Kota Lhokseumawe, Danramil 16 Banda Sakti, Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan, Manager FT Pertamina Lhokseumawe, Manager Human Initiative, Sekdes dan Perangkat desa Hagu Teungoh serta BKM Mesjid Al Muttaqin Hagu Teungoh.

Kapt. Inf. Nasrudin sebagai perwakilan Dandim 0103, mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program Budidaya Lele Bioflok di desa Hagu Teungoh ini juga beririsan dengan program kerja TNI yaitu kegiatan pembinaan masyarakat. Yang paling utama dari program pemberdayaan masyarakat ini adalah menjaga semangat kelompok, management kelompok, dan pemasaran. Harapannya panen perdana ini dapat menjadi penyemangat untuk panen selanjutnya.

Manager PT Pertamina IT Lhokseumawe, Ferry Saparuddin mengatakan bahwasanya program ini merupakan sebuah komitmen Pertamina dalam pembangunan ekonomi masyarakat melalui dana CSR. Sehingga kemandirian ekonomi dapat terwujud dari program-program pemberdayaan yang telah terlaksana. Selain itu ini juga merupakan bagian dari tanggungjawab social lingkungan perusahaan untuk masyarakat disekitar PT. Pertamina IT Lhokseumawe.

Surya Ningsih, Manager Operations Human Initiative juga menyakini dengan adanya kelompok budidaya dapat meningkatkan tarif ekonomi anggota kelompok yang berkecimpung dalam program budidaya ini. Surya juga mengharapkan panen raya ini dapat menjadi batu loncatan agar panen selanjutkan dapat meningkat dan lebih sukses lagi kedepannya.

Tingkat kematian lele pada panen perdana ini sebanyak 20% dari target 30% dengan awal tabur benih sebanyak 10.000 ekor. (ra)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Epson Indonesia Sajikan Bukber Spektakuler, Sinergi Bersama Media dan Hikmah Ramadan

28 March 2024 - 13:45 WIB

Tips Berkendara Aman Saat Bulan Puasa

28 March 2024 - 13:15 WIB

Ramadan Penuh Makna, The Reiz Suites, Artotel Curated Medan Bagikan Sembako Ke Beberapa Rumah Tahfidz Dan Panti Asuhan

28 March 2024 - 11:38 WIB

Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan

28 March 2024 - 00:01 WIB

PLN UID Aceh Siap Mendukung PON XXI Aceh – Sumut 2024

27 March 2024 - 17:13 WIB

Trending di EKBIS