Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 4 Dec 2021 13:25 WIB ·

40 Muallaf di Aceh Tenggara Dapat Bantuan Pemberdayaan Ekonomi dari Baitul Mal Aceh


 Anggota Badan BMA, Dr Abdul Rani Usman, MSi saat menyampaikan pengarahan program pemberdayaan ekonomi untuk muallaf di Masjid Agung Atau Taqwa, Kutacane, Aceh Tenggara, Jum'at (03/12/2021). Foto istimewa Perbesar

Anggota Badan BMA, Dr Abdul Rani Usman, MSi saat menyampaikan pengarahan program pemberdayaan ekonomi untuk muallaf di Masjid Agung Atau Taqwa, Kutacane, Aceh Tenggara, Jum'at (03/12/2021). Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM I Kutacane – Sebanyak 40 muallaf di Kabupaten Aceh Tenggara mendapatkan bantuan pemberdayaan ekonomi dari Baitul Mal Aceh (BMA).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Anggota Badan BMA, Dr Abdul Rani Usman, MSi di Masjid Agung At Taqwa, Kutacane, Aceh Tenggara, Jumat (03/12/2021).

Adapun penyalurannya ditransfer langsung ke rekening masing-masing muallaf. Jumlah bantuannya juga bervariasi mulai Rp5 juta-Rp10 juta, sehingga totalnya Rp368 juta.

“BMA merupakan lembaga yang bertugas mengelola zakat, infak, wakaf dan harta agama lainnya. Ada hak untuk muallaf dalam zakat tersebut dan BMA akan selalu mengayomi para muallaf,” kata Abdul Rani.

Ia mengatakan tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan pendapatan keluarga muallaf dan meningkatkan kesejahteraan mareka.

“Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah Aceh melalui BMA sehingga dapat membantu meringankan beban ekonominya,” katanya.

Pada kesempatan itu ia berpesan agar bantuan itu dapat digunakan untuk mendukung usaha yang sedang mareka geluti saat ini. Ada beberapa jenis usaha dari muallaf tersebut, di antaranya perbengkelan, perdagangan, warung nasi, peternakan dan pertanian.

Abdul Rani juga menjelaskan dana yang disalurkan ini merupakan zakat dari muzaki yang dititipkan melalui BMA. Dari itu kepada para muallaf diminta untuk mendoakan para muzaki agar harta mareka berkah dan semakin bertambah.

“Kami sebagai amil hanya sebagai perantara saja untuk menyalurkan. Oleh karena itu pergunakanlah bantuan tersebut untuk modal usaha sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga,” ujarnya.

Ia juga berharap dengan bantuan tersebut kehidupan keluarga muallaf akan terus terbina dan terjaga sepanjang masa. Dan anak-anak mareka pun akan mendapatkan pendidikan yang layak.

“Para muallaf diharapkan menjaga kekompakan dan keutuhan rumah tangga guna membangun sumber daya insani masa depan islam. Islam hadir untuk mengembangkan kejayaan manusia,” kata Abdul Rani.

Kepala Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Tenggara, Tgk Sahidul Akram Al Hafiz, mengatakan pihak BMK akan melakukan pendampingan dan monitoring terhadap usaha muallaf tersebut.

“BMK akan terus mengecek perkembangan usaha muallaf tersebut. Kami berharap bantuan ini dapat digunakan sebaik mungkin sehingga usaha mereka dapat meningkat,” katanya.

Sementara itu salah seorang penerima bantuan Lince Marsida Sihombing mengucapkan terimakasih kepada BMA atas penyaluran bantuan tersebut karena sangat membantu usaha warung nasinya.

“Alhamdulillah, dengan bantuan BMA itu telah menambah modal dan meringankan beban kami. Semoga usaha kami ini akan terus berkembang,”ujarnya. (ra)

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ketua DPRK Bireuen Minta Kuota Khusus Sekolah Kedinasan untuk Santri

19 March 2024 - 14:45 WIB

37 Kepala UPT di Lingkungan Kemenkumham Aceh Komit Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

19 March 2024 - 14:38 WIB

Satpol PP WH Lhokseumawe Amankan Anak di Bawah Umur Mabuk Lem, Lalu Dimasukkan ke Dayah

18 March 2024 - 18:39 WIB

Pesan Meurah Budiman Saat Lantik Pejabat Struktural UPT Pemasyarakatan

18 March 2024 - 18:21 WIB

Antisipasi Gagal Kuliah Pemerintah Berikan Pinjaman Lunak Pendidikan

18 March 2024 - 18:19 WIB

Jelang Penutupan, Satgas TMMD ke -119 Kodim 0102/Pidie Kebut Semua Sasaran Fisik

18 March 2024 - 14:04 WIB

Trending di DAERAH