Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 4 Dec 2021 09:00 WIB ·

Cegah DBD, Fogging di Dayah Digalakkan


 Aktivitas Fogging di Dayah Matinaudiniyah, Desa Kuala Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Jumat (3/12). AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH Perbesar

Aktivitas Fogging di Dayah Matinaudiniyah, Desa Kuala Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Jumat (3/12). AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti secara masif terus dilakukan oleh Babinsa Posramil Jeumpa Kodim 0111/Bireuen, Serda Winarto bersama tim Puskesmas Jeumpa dengan melakukan pengasapan (fogging) di Dayah Matinaudiniyah, Desa Kuala Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Jumat (3/12).

Pengasapan kali ini dilakukan agar santri di Dayah Matinaudiniyah bebas dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Serda Winarto mengatakan, pemerintah menggalakkan fogging untuk memutus siklus perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti dan tentunya dapat membasmi nyamuk dewasa. Sedangkan untuk memberantas jentik nyamuk dilakukan penaburan bubuk abate.

“Hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah dengan melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mencegah gigitan nyamuk dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan lotion anti nyamuk, obat nyamuk bakar, elektrik, semprot dan lainnya.

Apabila tidak diperhatikan dengan baik, sebutnya, penggunaan obat anti nyamuk tersebut sebenarnya berbahaya bagi manusia, karena dapat memberikan efek samping. Untuk itu, ada baiknya warga perlu mengetahui aneka obat-obatan pengusir nyamuk herbal, alami, dan tradisional yang mudah didapatkan di rumah.

“Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Jagalah kebersihan lingkungan seperti mengatasi genangan air, rutin memantau saluran air, dan membuang sampah pada tempatnya,” sebut Serda Winarto. (akh/icm)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Gubernur Harap BSI Beri Pelayanan Terbaik Sambut PON di Aceh

19 March 2024 - 13:24 WIB

Pengurus ISAD Aceh Diundang Dakwah Ramadan ke Malaysia

19 March 2024 - 13:22 WIB

Dirlantas Polda Aceh Berbagi Takjil Berbuka kepada Pengendara

18 March 2024 - 20:00 WIB

Pj Bupati Iswanto Resmikan Tempat Wudhu Wakaf untuk Masjid Agung Al Munawwarah

18 March 2024 - 19:54 WIB

Satpol PP WH Lhokseumawe Amankan Anak di Bawah Umur Mabuk Lem, Lalu Dimasukkan ke Dayah

18 March 2024 - 18:39 WIB

Dirlantas Polda Aceh Bagikan 100 Takjil Berbuka Setiap Hari

18 March 2024 - 18:04 WIB

Trending di UTAMA