Perayaan Milad GAM ke 45, Diwarnai Pengibaran Bintang Bulan di Lhokseumawe

HARIANRAKYATACEH.COM – Perayaan Milad GAM ke 45 di Wilayah Kuta Pasee diwarnai pengibaran bendera bintang bulan di halaman Masjid At- Tahrir Gampong Meunasah Manyang Kandang, Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, Sabtu (4/12) sekira pukul 08.00 WIB.

Pengibaran bendera bintang bulan itu, sempat dicegah oleh aparat gabungan TNI/Polri yang datang ke lokasi. Bahkan, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto dan Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto bersama pasukannya juga terlihat di lokasi untuk mencegah pengibaran bendera.

Namun, jajaran eks Kombatan GAM tidak menghiraukan larangan tersebut, dan bendera bintang bulan yang merupakan bendera Aceh tetap berkibar.

Tujuh pemuda berseragam baju putih, celana hitam dan mengenakan selempang merah,putih serta hitam langsung membuat barisan untuk persiapan pengibaran bendera bintang bulan.

Kemudian, tiga pemuda dan satu diantaranya mengambil bendera yang diserahkan oleh Ketua KPA Wilayah Kuta Pasee, Tgk.Muchtar Hanifah. Lalu mereka membawa bendera dan berjalan menghadap ke tiang bendera. Setiba di depan tiang bendera, setelah aba-aba langsung diikatkan bendera pada tali dan dibentangkan untuk menggerek bendera hingga sampai ke puncak tiang. Ratusan pemuda juga membuat pagar betis melingkar di sekitar halaman mesjid, karena aparat keamanan mencegah pengibaran bendera Bintang Bulan tersebut.

Diiringi dengan kumandang azan, bendera Bintang Bulan dinaikkan yang ikut disaksikan seribuan masyarakat yang berada di lokasi. Hikayat Prang Sabi pun bergema yang dilantunkan oleh peserta upacara. Di lokasi tampak hadir, selain Ketua KPA Wilayah Kuta Pasee, Tgk.Muchtar Hanifah, juga Panglima Muda Daerah Tgk. Tjhik di Paloh Tgk. Husaini POM, para petinggi KPA, mantan Ketua DPRK Lhokseumawe Yasir yang juga Ketua Panitia Milad GAM bersama Sekretaris Halim Abe, Panglima Sagoe, para anggota dewan Fraksi Partai Aceh, jajaran KPA/PA dan masyarakat umum.

Baca Juga...  KPA-PA Samudra Pase Peringati Maulid "Malik Mahmud dan Ulama Ikut Hadir"

Di lokasi upacara, pasukan gabungan TNI/Polri dengan bersenjata lengkap berada di luar pagar masjid untuk berjaga-jaga.

Ketua Komite Mualimin Atjeh Sumatera Merdeka (KMASM), Tgk Zulkarnaini Bin Hamzah, ketika sedang berlangsung upacara Milad GAM masuk ke halaman masjid. Lalu ia bersama sejumlah petinggi KPA dan Partai Aceh membuat barisan di depan tiang bendera.

Panglima Muda Daerah Tgk. Tjhik di Paloh Tgk. Husaini POM, dalam upacara memperingati hari deklarasi kemerdekaan Aceh atau GAM 4 Desember 1976, ikut membacakan amanat Wali Negara Aceh Dr. Tengku Hasan Muhammad di Tiro, M.S., M.A., LL.D., Ph.D.

Usai rangkaian upacara selesai, bendera bintang bulan kembali diturunkan. Kemudian, dilanjutkan dengan doa bersama, tausyiah dan orasi politik sejarah lahirnya perjuangan GAM yang disampaikan oleh Ketua Komite Mualimin Atjeh Sumatera Merdeka (KMASM), Tgk Zulkarnaini Bin Hamzah. (arm/rif)