Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat, Solusi Bangun Andalas Adakan Pelatihan Konveksi

Peserta pelatihan sedang serius menjahit pakaian. Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM I ACEH BESAR – Pandemi yang belum kunjung berakhir, memberi tantangan agar aktivitas ekonomi masyarakat terus berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kemampuan atau kompetensi pun harus terus ditingkatkan.

Mendukung upaya tersebut, PT Solusi Bangun Andalas (SBA) mengadakan pelatihan bagi ibu-ibu pekerja konveksi yang berasal dari 4 Desa di kemukiman Kueh yaitu Desa Nusa, Desa Seubun Ayon, Desa Seubun Keutapang dan Desa Lambaro Seubun. Pelatihan berlangsung selama 10 hari di ruko usaha Meuligoe Konveksi 4G, Jl. Lamlhom, simpang Lampulo, Kecamatan Lhoknga.

“Pelatihan ini kami berikan sebagai dukungan SBA dalam peningkatan kompetensi ibu-ibu pekerja konveksi. Usaha konveksi ini merupakan usaha BUMG Bersama kemukiman Kueh. Semoga dengan adanya pelatihan ini, para pekerja konveksi dapat menghasilkan produk yang bisa menjadi kebanggaan Kecamatan Lhoknga dan bisa kita jadikan cinderamata bagi para tamu yang berkunjung ke Perusahaan serta ke Kecamatan Lhoknga,” ujar Win Bernadino, Head of External Relations SBA saat meninjau kegiatan pelatihan tersebut kemarin.

Selain meningkatkan kompetensi masyarakat, pelatihan yang merupakan kolaborasi SBA bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Aceh serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Aceh melalui Lembaga Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) ini, juga diharapkan akan meningkatkan sinergi untuk memberikan solusi melalui program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen SBA yang selalu rutin melakukan pelatihan kepada masyarakat di sekitar Perusahaan dalam meningkatkan kompetensi masyarakat desa. Hal ini penting dan sangat baik. Khususnya melalui program pelatihan ini, semoga para pekerja konveksi dapat semakin produktif dan berkarya dengan lebih baik”, ujar Devita Sari, pembimbing pelatihan konveksi.

Maulidia Riska, salah seorang peserta pelatihan konveksi menyampaikan apresiasinya dan terima kasih kepada SBA yang telah memfasilitasi pelatihan ini dan mendukung peralatan yang dibutuhkan oleh para penjahit. Pelatihan ini sangat berguna bagi kami untuk meningkatkan kompetensi di bidang menjahit, sehingga kami dapat menjahit dengan lebih rapi dan lebih baik.

Baca Juga...  Kemendag Lepas Ekspor Produk Unggulan NTB Senilai Rp 700 Juta

Selain pelatihan bagi ibu-ibu pekerja konveksi, SBA juga memberikan dukungan peralatan kerja seperti mesin pelobang kancing, mesin bordir komputer, mesin jahit lurus, mesin ketok kancing, mesin obras, lemari display pakaian jadi dan perlengkapan pendukung lainnya. Bantuan ini merupakan perwujudan pilar CSR SBA Mandiri untuk membantu perkembangan dan kemajuan usaha masyarakat. (ra/slm)