Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 8 Dec 2021 10:36 WIB ·

Aceh Tamiang Miliki 57 PAUD Terakreditasi


 Kabid PAUD dan PNF Disdikbud Aceh Tamiang, Sutiyah saat mengikuti Rakorda tahap II 2021 secara virtual bersama BAN PAUD dan PNF Provinsi Aceh, Senin (6/12/2021). IST/HARIANRAKYATACEH.COM Perbesar

Kabid PAUD dan PNF Disdikbud Aceh Tamiang, Sutiyah saat mengikuti Rakorda tahap II 2021 secara virtual bersama BAN PAUD dan PNF Provinsi Aceh, Senin (6/12/2021). IST/HARIANRAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM– Sebanyak 57 sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau Pendidikan Non Formal (PKBM/PNF) di Kabupaten Aceh Tamiang sudah terakreditasi. Keberhasilan program akreditasi ini mendapat apresiasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF Provinsi Aceh.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Tamiang Abdul Muthalib melalui Kabid PAUD dan PNF Sutiyah mengatakan, dari jumlah 242 PAUD di Aceh Tamiang 57 di antaranya sudah terakreditasi terdiri dari 50 PAUD dan 7 PKBM di tahun 2021.

 

“Akreditasi ini terbanyak se Aceh. Ini prestasi di Bidang PAUD yang pastinya membawa nama baik Disdikbud Aceh Tamiang. Kami mendapat apresiasi dari Ketua BAN PAUD dan PNF Aceh Bapak Chairuddin TS atas pelaksanaan akreditasi di Aceh Tamiang,” kata Sutiyah di Karang Baru, Rabu (8/12).

 

Dijelaskan Sutiyah sesuai hasil keputusan rapat program akreditasi BAN PAUD dan PNF Aceh tanggal 1 Desember 2021 menetapkan Dinas Pendidikan Aceh Tamiang sebagai narasumber dalam Rakorda tahap II pada 6 Desember 2021 yang dilakukan secara virtual (zoom video meeting). Penetapan ini merupakan apresiasi atas kolaborasi dan motivasi yang telah dilakukan tim dinas sehingga tahun ini Aceh Tamiang menjadi daerah terbanyak lembaga PAUD yang diakreditasi.

 

“Dalam Rakorda tersebut Kadisdik Aceh Tamiang Pak Abdul Muthalib dipercaya menjadi salah satu narasumber sebagai bentuk apresiasi bagi daerah yang berhasil mengakreditasikan lembaga PAUD dan PNF terbanyak di Aceh,” jelasnya.

 

Sutiyah menyebut BANP Aceh memang selama ini memberi kesempatan untuk lembaga yang sama sekali belum terakriditasi. Tentunya keberhasilan itu atas pembinaan dari BP PAUD dan Dikmas. Sementara di Disdikbud Aceh Tamiang sendiri ada tim percepatan akriditasi yang diketuai Kabid PAUD dan PNF.

 

“Untuk proses akreditasi yang dinilai ada delapan standar nasional pendidikan. Dari mulai tahapan PPA (penilaian prasarat akriditasi) sampai akhirnya tahap validasi. Yang menjadi prestasinya dalam setahun ini sudah 57 PAUD formal dan non-formal terakriditasi,” kata Kabid yang baru dilantik enam bulan ini.

 

Menurutnya akreditasi ini merupakan pencapaian kelayakan lembaga yang dinilai dari tahapan delapan standar nasional pendidikan mulai dari sosialisasi pemetaan mutu, pendampingan kesatuan PAUD, penguatan kapasitas operator, supervisi dan fasilitas, koordinasi evaluasi serta mendorong satuan PAUD dan Dikmas maksimalkan Dapodik dan memotivasi lembaga dalam rangka aktesitasi.

 

“Pembinaannya itu kita harus telaten melibatkan banyak pihak. Kalau dari Dinas Pendidikan yang turun ke lembaga ada penilik dan pengawas untuk PAUD formal dan non formal itu yang membina mereka langsung ke lembaga di bawah Bidang PAUD dan PNF. Kunci keberhasilannya itu kolaborasi dan koordinasi di dalam tim, kemudian motivasi kepada lembaga,” ujar Sutiyah sembari menambhkan, terimaksih atas pembinaan dari BP PAUD dan Dikmas Aceh. Saya minta semoga terus berlanjut bisa lebih intens lagi pembinaan itu. (ddh)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH