Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 8 Dec 2021 16:40 WIB ·

Dandim 0111/Bireuen Bantu Panen Padi di Lahan Demplot Kodim


 Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf M Ali Akbar SIP bersama kelompok tani Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, memanen padi di lahan demonstration plot (demplot) Kodim setempat, Rabu (08/12).
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf M Ali Akbar SIP bersama kelompok tani Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, memanen padi di lahan demonstration plot (demplot) Kodim setempat, Rabu (08/12). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

HARIANRAKYATACEH.COM – Komandan Kodim 0111/Bireuen, Letkol Inf M Ali Akbar SIP bersama warga yang tergabung dalam kelompok tani Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, memanen padi di lahan demonstration plot (demplot) Kodim setempat, Rabu (08/12).

Disela-sela kegiatan, Dandim mengatakan, demplot yang dilakukan oleh Kodim merupakan suatu metode pertanian dengan cara memberi percontohan kepada petani agar bisa mempraktekkan dan membuktikan terhadap obyek yang didemontrasikan.

“Diharapkan dengan cara seperti ini, dapat menghasilkan panen yang lebih maksimal dan meningkat dari panen sebelumnya serta memenuhi kebutuhan pangan dalam suasana wabah Covid -19,” ujar putra asli Aceh ini.

Ia menegaskan, penanaman padi tersebut merupakan upaya TNI untuk memberikan apresiasi dan membantu para petani di wilayahnya, berupa pendampingan terhadap para petani dalam melaksanakan ketahanan pangan.

Dukungan yang diberikan berupa tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. Harapannya, hasil panen ini dapat menjadi sentral logistik ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Bireuen.

“Kita akan gerakkan para kelompok tani untuk meningkatkan tanaman padi di sini. Tujuannya supaya dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Selain itu, juga agar Desa Geulumpang Payong bisa menjadi lumbung padinya Kabupaten Bireuen,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, Irwan Sp MSi memberikan apresiasi terhadap TNI karena telah berupaya memberikan motivasi kepada para kelompok petani dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan.

“Nantinya kami akan lebih meningkatkan hubungan yang lebih solid lagi antara TNI dan masyarakat, khususnya kelompok tani. Sehingga bisa meningkatkan hasil produksi padi dan untuk ketahanan pangan terutama di wilayah kecamatan Jeumpa yang komoditas utamanya adalah padi,” pungkas Kadis Pertanian.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf M Ali Akbar SIP, Kasdim Mayor Arh Ronal Samosir, Ketua Persit Ranting Cabang XXXIV, Ny M Ali Akbar, Pasiter Kapten Inf Yusri, Kadis Pertanian Bireuen Irwan SP MSi, Kabit Tanaman Pangan Dan Hortikultura, Ir Hj Mutia MSi, Kabit Penyuluhan Pertanian, Hendriyansyah SP, Danpos Jeumpa Pelda Zufuadi, Para Babinsa, para anggota Dinas pertanian Bireuen, para ibu persit Kodim serta petani Desa Geulumpang Payong. (akh)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Satpol PP WH Lhokseumawe Amankan Anak di Bawah Umur Mabuk Lem, Lalu Dimasukkan ke Dayah

18 March 2024 - 18:39 WIB

Warga Lhokseumawe Dihebohkan Penemuan Mayat di Pos Lampu Merah

18 March 2024 - 18:02 WIB

Pansel Perpanjang Masa Pendaftaran Panwaslih Pidie Jaya Selama Tiga Hari

18 March 2024 - 14:44 WIB

Jelang Penutupan, Satgas TMMD ke -119 Kodim 0102/Pidie Kebut Semua Sasaran Fisik

18 March 2024 - 14:04 WIB

Berkah Ramadhan, Polres Aceh Utara Berbagi Takjil Gratis

17 March 2024 - 16:30 WIB

Usai Geledah Kantor PNPM Jeunieb, Kajari Bireuen Pastikan Tak Lakukan Penahanan

17 March 2024 - 14:18 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR