KTNA Atam Studi Label Biru ke Deli Serdang

Pengurus dan anggota KTNA Aceh Tamiang foto bersama di lokasi lahan pembibitan holtikultura saat studi di Kabupaten Deliserdang, baru-baru ini. IST/HARIANRAKYATACEH.COM

HARIANRAKYATACEH.COM – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang melakukan studibanding ke Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara meninjau tanaman holtikultura yang telah dibudidayakan KTNA Deliserdang termasuk taman buah-buahan milik pemda setempat.

Ketua KTNA Aceh Tamiang, D Yogi Syahputra kepada HARIANRAKYATACEH.COM di Karang Baru, Rabu (8/12) mengatakan, kunjungan ke Deliserdang dilakukan selama empat hari mulai tanggal 2-5 Desember 2021 dalam rangka memenuhi undangan dari KTNA Deliserdang.

“Dari KTNA Aceh Tamiang yang ikut kunjungan kerja sebanyak 33 orang. Kami disambut baik oleh Kepala Dinas Pertanian Deliserdang dan Kabid Penyuluh. Kegiatan ini terlaksana berkat difasilitasi oleh KTNA Propinsi Sumatara Utara,” kata Yogi.

KTNA Aceh Tamiang, terang Yogi Syahputra sangat mengapresiasi kinerja KTNA Deliserdang serta perlu banyak belajar dari ketua dan pengurusnya. Terbukti, ungkap Yogi, KTNA Deliserdang sudah memiliki gedung Sekertariat definitif tidak sewah dengan perkarangan yang luas hingga dapat dimanfaatkan sebagai lahan pembibitan tanaman holtikultura.

“Tanaman yang sedang dikembangkan oleh KTNA Deliserdang seperti durian, mangga, anggur brazil, matoa dan melon, padi, bawang merah serta masih banyak lagi jenis bibit lainnya. Menariknya yang perlu kami contoh KTNA Deli Serdang mampu membuat pembibitan bersertifikat lebel biru,” ungkapnya.

D Yogi Syahputra didampingi pengurus KTNA Kecamatan Mariono menilai, keberhasilan itu berkat kepiawaian Ketua KTNA Deliserdang, Syamsul Sinaga selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan sektor pertanian di sana.

“Selama di sana kami selalu didampingi KTNA Kabupaten Deliserdang karena Kabupaten Deliserdang memiliki 22 kecamatan serta 2.000 kelompok tani yang jaraknya berjauhan,” tutur Yogi.

Menurut Yogi, Kepala Dinas Pertanian Deliserdang, Rahman Dongoran berharap kegiatan studibanding kemarin hendaknya dapat menambah pengetahuan para anggota KTNA yang juga sekaligus petani agar dapat membagikan informasi yang didapat kepada para petani di Aceh Tamiang.

Baca Juga...  Hari Jadi ke-445 Kota Takengon Bupati Shabela Pimpin Rapat Persiapan

“Kegiatan ini sangat positif. KTNA merupakan induk organisasi petani dan nelayan, diharapkan dapat menyuarakan suara petani dan nelayan kepada pemerintah melalui dinas terkait,” kata Yogi Syahputra mengutip pernyataan Kadis Pertanian Deliserdang. (ddh)