Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 8 Dec 2021 15:30 WIB ·

Senator Fadhil Rahmi Dukung Program Bangga Kencana


 BKKBN menyelenggarakan sosialisasi, advokasi dan KIE Program Bangga Kencana, di aula Setdako Langsa, Rabu (8/12/2021). Kegiatan didukung DPD RI dan BKKBN Kota Langsa. Foto istimewa Perbesar

BKKBN menyelenggarakan sosialisasi, advokasi dan KIE Program Bangga Kencana, di aula Setdako Langsa, Rabu (8/12/2021). Kegiatan didukung DPD RI dan BKKBN Kota Langsa. Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM I LANGSA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), menyelenggarakan sosialisasi, advokasi dan KIE Program Bangga Kencana, di aula Setdako Langsa, Rabu (8/12/2021).

Kegiatan didukung DPD RI dan BKKBN Kota Langsa ini diikuti seratusan lebih dari Majelis Kesehatan Aisyiyah Kota Langsa, yang dibuka oleh Wali Kota Langsa melalui Kadis Syariat Islam dan Pendidikan, Aji Asmajuddin.

Program Bangga Kencana merupakan program unggulan BKKBN untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan menurunkan angka stunting.

Anggota DPD RI Asal Aceh, HM.Fadhil Rahmi, Lc.,MA, yang hadir pada acara ini, menyebutkan, DPD khususnya Komite 3 bermitra dengan BKKN, jadi DPD ikut mensuport serta mensuseskan kegiatan sosialisasi Bangga Kencana salah satu program yang ada di BKKBN saat ini.

“Kami Senator mensuppot serta ikut serta mensukseskan kegiatan-kegiatan yang ada di BKKBN sebagai mitra kami. Maka kesempatan kali ini, Alhamdulilah dilaksanakan di Kota Langsa,” ujarnya.

Fadhil Rahmi berharap semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti ditingkat sosialisasi, tetapi juga diharapkan ke depan ada kegiatan-kegiatan BKKBN lainnya yang siap diadakanan di Kota Langsa kususnya dan juga Aceh secara umum.

Dia menambahkan, tujuan kegaiatan ini tentunya adalah untuk memberi kemanfaatan informasi edukasi kepada ibu-ibu tentang keluarga berencana dan menurunkan stunting.

Kemudian dalam program KB ini diperlukan merencanakan, mengorganisir untuk menghadirkan anak-anak bangsa ke depan yang sehat, berkualitas, dan cerdas.

Selain itu, perlu adanya penanganan gizi, kualitas sanitasi, lingkungan, akses pendidikan, kesehatan, juga terjaganya sumber-sumber pendapatan menjadi pilar kesejahteraan dan ketahanan keluarga setiap keluarga Indonesia.

Direktur Teknologi, Infomasi dan Data BKKBN, Mahyuzar, mengatakan, BKKBN mensosialisasikan program Bangga Kencana salah satunya menjadi prioritas BKKBN.

Kemudian bagaimana BKKBN dan lembaga lain yang juga mendapat disuppot oleh DPR RI Komisi IX dan DPD RI melakukan langkah dalam menurunkan atau tidak bertambahnya angka stunting.

Dengan Perpres 72 Tahun 2021 BKKBN menjadi ketua pelaksana untuk penurunan stunting di Indoesia, tapi BKKBN bekerjasama dengan kementerian dan lembaga lainnya.

“Misalnya dengan Kementerian Kesehatan, Kemensos dan lainnya, semua dijak kolaborasi bagaimana angka stanting ini bisa turun,” paparnya.

Karena, tambah Mahyuzar, arahan Presiden dari angka kita sampai saat ini 27 persen stunting indonesia di tahun 2024 diharapkan turun minimal ke angka 14 persen.

Maka BKKBN tidak bisa kerja sendiri, harus kerjasama dengan kementerian lembaga lain,
Kita juga membentuk tim pendamping keluara ditingkat level desa. Tujuannya untuk merecoard, reporting data, ini ada keluarga-keluarga yang dikhawatirkan berisiko stanting.

Tujuan apa, untuk melakukan pencegahan sejak dini, dari calon pengantin, kemudian bagi keluarga yang sudah hamil, kemudian juga bagi balita.

“Ini penting sekali, karena jika generasi kita ini tidak dijaga kuaitas gizi dan kesehatannya, maka generasi kita ini akan sangat berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Anggota DPD RI Asal Aceh HM. Fadhil Rahmi, Lc., MA, Direktur Teknologi, Informasi dan Data BKKBN Pusat (Dr. Mahyuzar, M.Si), Rajali perwakilan BKKBN Aceh, dan Kadis BKKBN Kota Langsa. (ra)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Satpol PP WH Lhokseumawe Amankan Anak di Bawah Umur Mabuk Lem, Lalu Dimasukkan ke Dayah

18 March 2024 - 18:39 WIB

Jelang Penutupan, Satgas TMMD ke -119 Kodim 0102/Pidie Kebut Semua Sasaran Fisik

18 March 2024 - 14:04 WIB

Kerjar Target, Satgas TMMD Ke-119 Kodim 0102/Pidie Kebut Pengerjaan Jembatan

17 March 2024 - 13:11 WIB

Kepulangan 28 Nelayan Dari Thailand Disambut Haru Keluarga

17 March 2024 - 02:06 WIB

Buka Selama Ramadan, Tempat Billiard di Lhokseumawe Ditertibkan

16 March 2024 - 17:17 WIB

Ramadhan Berkah, Kodim 0102/Pidie Bagikan Ratusan Takjil Gratis Kepada Warga

15 March 2024 - 11:17 WIB

Trending di DAERAH