Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 9 Dec 2021 07:31 WIB ·

Gampong Nusa Juara Pertama Anugerah Desa Wisata Indonesia


 Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, meraih juara pertama kategori homestay pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 yang diselenggarakan Kemenparekraf RI di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jakarta, Selasa (7/12). (dok/rakyat aceh) Perbesar

Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, meraih juara pertama kategori homestay pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 yang diselenggarakan Kemenparekraf RI di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jakarta, Selasa (7/12). (dok/rakyat aceh)

JAKARTA (RA) – Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, meraih juara pertama kategori homestay pada malam Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021.
“Alhamdulillah. Gampong Nusa Kab. Aceh Besar meraih juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia Kategori Homestay,” kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, seperti dikutip dari cuitan Twitter resminya, Rabu (8/12).

Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia itu, diterima langsung Keuchik Gampong Nusa, M Yasin. Ia didampingi Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, Kadisbudpar Aceh Jamaluddin, Kadisparpora Aceh Besar Ridwan Jamil.

Bupati Mawardi Ali juga menyampaikan ucapan selamat kepada Keuchik Gampong Nusa, serta seluruh masyarakat Aceh Besar, khususnya warga Gampong Nusa, atas kerja keras menjadikan gampong mereka sebagai yang terbaik di Indonesia. “Kami menyampaikan selamat kepada Pak Keuchik yang telah menerima langsung penghargaan bergengsi anugerah desa wisata Indonesia tahun 2021,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Jakarta.

ADWI tahun ini mengangkat 7 Kategori penilaian, yaitu Penerapan CHSE, Desa Digital, Souvenir, Daya tarik wisata, konten kreatif, Homestay dan Toilet.

Pada penilaiam kategori yang dimenangkan oleh Gampong Nusa, dewan juri menilai homestay di Gampong Nusa, yang jumlah keseluruhannya mencapai 42 unit, berstandar internasional sehingga menjadi daya tarik untuk dikunjungi oleh turis mancanegara.
Selain memiliki homestay, para tamu yang datang disambut dengan ramah tamah secara adat istiadat. Selain itu, Gampong Nusa juga memiliki produk kerajinan lokal dan makanan khas setempat yang menjadikannya sebagai gampong di Aceh Besar yang patut dikunjungi serta layak menjadi desa wisata Indonesia.

ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa dari seluruh Indonesia. Dewan juri kemudian mengurasi menjadi 300 besar, 100 besar dan terakhir 50 yang terbaik. Kemudian, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama tim kurator dan dewan juri berkunjung ke 50 Desa Wisata yang menjadi nominasi salah satunya Gampong Nusa. Dari hasil penilaian langsung tersebutlah Gampong Nusa kemudian dipilih dan ditetapkan sebagai salah satu pemenang ADWI 2021. (ril/ra)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Trending di UTAMA