Keamanan Nakes Menjadi Prioritas Pada Masa Pandemi

Dr. Fahmi Ichwansyah, S.Kp, MPH sedang paparan Sosialisasi Biosafety dan Biosecurity juga melakukan Visitasi persiapan Lab PCR RSUD Gayo Lues

HARIANRAKYATACEH.COM – Balai Litbang Kesehatan Aceh melakukan visitasi untuk Sosialisasi serta Asistensi Biosafety dan Biosecurity bagi tenaga surveilance Dinas Kesehatan, tenaga laboratorium Puskesmas dan tenaga laboratorium RSUD Gayo Lues yang berjumlah 50 orang peserta di Aula PMI Kabupaten Gayo Lues yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gayo Lues.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Gayo Lues dr. Yonvi Gunawan dalam sambutannya mengatakan dalam waktu dekat ini Dinas Kesehatan Gayo Lues akan mengirim tenaga laboratorium ke Balai Litbangkes Aceh guna mempersiapkan SDM tenaga Laboratorium untuk mempelajari cara pemeriksaan Covid-19 Real Time PCR di Laboratorium Balitbangkes Aceh dan juga upaya antisipasi mutasi virus Omicron.

Kepala Balai Litbangkes Aceh Dr. Fahmi Ichwansyah, S.Kp, MPH menyambut baik keinginan yang disampaikan oleh Kabid P2P Dinkes Gayo Lues yang akan mengirim tenaga Laboratoriumnya untuk mempelajari pemeriksaan Covid-19 Real Time PCR di Laboratorium Balitbangkes Aceh, Dr. Fahmi mengatakan segala biaya yang timbul dari pelatihan tersebut baik penggunaan reagen, baju hazmat, konsumeble dan lain-lain tidak dipungut biaya sama sekali alias Gratiss.

Dr. Fahmi Ichwansyah, S.Kp, MPH dalam paparannya  Biosafety dan Biosecurity yang diikuti oleh tenaga surveillance dan tenaga laboratorium menitik beratkan akan pentingnya perlindungan diri tenaga Kesehatan serta pentingnya perlindungan lingkungan/laboratorium tempat bekerja tenaga kesehatan laboratorium dari ancaman virus dan bakteri dengan selalu mengikuti dan mematuhi prosedur kerja di laboratorium, contohnya di dalam laboratorium tidak dibolehkan makan dan minum, berhias diri, meletakkan sisa minuman di kulkas penyimpanan specimen, bermain handphone dan lain-lain.

Dr. Fahmi dan Tim Balai Litbangkes Aceh juga diundang oleh pihak RSUD Gayo Lues untuk mengunjungi persiapan laboratorium pemeriksaan Covid -19 RT PCR RSUD Gayo Lues, pada kunjungan tersebut Dr. Fahmi di sambut oleh Bapak Hidayatullah selaku Pj. Laboratorium RSUD Gayo Lues.

Baca Juga...  Musannif: Ada nama ASN, Bukti PPP Bukan Eksklusif!

Dr. Fahmi memberikan masukan penataan ruang lab dan penataan alat-alat lab, supaya akses tenaga lab bagian unboxing sampel, mixing dan analisa hasil tidak berbaur satu sama lain, sehingga hasil analisis tidak kontaminasi.

Pada kunjungan ini Dr. Fahmi Ichwansyah, S.Kp, MPH juga menyerahkan 200 reaksi Viral Transport Medium (VTM) dan 400 reaksi Stik VTM kepada Dinas Kesehatan Gayo Lues yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Riadussalihin, SKM bertempat di kantor Dinas  Kesehatan Gayo Lues.