Di Zona Merah Papua Prajurit TNI SM Kodam IM Laksanakan Honai to Honai

Personel prajurit TNI Satgas Yonif RK 114/SM Kodam Iskandar Muda Aceh laksanakan program Honai to Honai di Kampung Sinai Buah Duduk, Rabu (5/1). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Berada di zona merah distrik Mbua di pegunungan Tengah Nduga bagian utara, prajurit TNI Satgas Yonif RK 114/SM Kodam Iskandar Muda Aceh laksanakan program Honai To Honai.

Hal tersebut disampaikan langsung Pasi Intel Yonif Raider Khusus Satria Musara Letkol Inf Putra Negara, selaku Komandan Satgas, kepada Rakyat Aceh melalui pia wa, Kamis (6/1).
Ia menjelaskan, program Honai To Honai bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana keadaan, aktivitas dan kehidupan masyarakat di wilayah penugasan Satgas Yonif RK 114/SM.

Disebutkanya, untuk sampai ke daerah deretan pegunungan tersebut pihaknya harus melewati jalan setapak dan berkabut. ”Gambaran Distrik Mbua cukup mewakili distrik lain yang ada di Nduga bagian utara seperti Distrik Dal, Yigi, Yal dan Mugi,” ujarnya.

Menurutnya, daerah tersebut merupakan wilayah penugasan prajurit TNI Satgas Yonif RK 114/SM dari Kodam Iskandar Muda Aceh sejak Juli 2021. “Wilayah ini masih dikategorikan zona merah bagi prajurit TNI sejak peristiwa Puncak Kabo Desember 2018,” jelasnya.
Terutama di tiga distrik bagian barat puncak kabo lanjutnya, sampai saat ini masyarakat yang mendiami Distrik Yigi, Yal dan Mugi masih mengungsi ke wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Pihaknya juga mengaku, mengunjungi honai masyarakat di setiap kampung secara bergilir dan dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. “Yang menjadi prioritas adalah honai yang terpisah dan yang dinilai jarang bersosialisasi dengan masyarakat dan personil TNI Pos Satgas sebelumnya,” terangnya.

Tidak hanya berkunjung, katanya, kegiatan honai to honai yang paling utama adalah melaksanakan komunikasi sosial dan kegiatan sosial lainnya seperti halnya pelaksanaan honai mama (honai perempuan) Kampung Sinai.

Disana personel Pos Mbua Satgas Yonif RK 114/SM membawa bahan makanan berupa beras, mie instan, telur, gula, kopi dan makan ringan untuk dimasak dan makan bersama masyarakat honai yang berada sekitar wilayah tersebut.

“Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pelayanan kesehatan dan pemberian bantuan sembako untuk masyarakat yang menempati honai. Kegiatan ini bertujuan agar komunikasi sosial dapat terbentuk dalam suasana kebersamaan,” ungkapnya.

Sementara itu katanya, salah seorang tokoh yang dituakan oleh masyarakat Kampung Sinai Buah Duduk yang juga dijuluki bapak Koteka mengucapkan terimakasih kepada personil Yonif RK 114/SM yang sudah datang membawa bahagia. (uri/bai)