Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE TIMUR · 11 Jan 2022 14:41 WIB ·

Bupati Mursil Temukan Proyek Tidak Skala Prioritas


 Bupati Aceh Tamiang, Mursil. Perbesar

Bupati Aceh Tamiang, Mursil.

KUALA SIMPANG (RA) – Bupati Aceh Tamiang Mursil sangat terkejut ketika meninjau lokasi banjir menemukan proyek pengaspalan jalan yang sudah selesai dikerjakan namun dinilai tidak menjadi skala prioritas pembangunan insfrastruktur di daerahnya.

Berdasarkan rekaman video yang dilihat Harian Rakyat Aceh, Bupati Mursil yang mengenakan kaos merah tampak kesal dengan keberadaan proyek tersebut. Ia pun akan memanggil Kadis PUPR Aceh Tamiang ikhwal pengaspalan jalan yang terkesan kurang bermanfaat untuk kepentingan umum.

Pasalnya, jalan yang dibangun di wilayah Kecamatan Sekerak tersebut fungsinya hanya jalur putar menuju ke areal perkebunan dan ladang, di antara bentangan jalan tidak ada rumah warga dan tidak menghubungkan antar kampung satu dan kampung lainnya.

“Kebetulan beberapa hari lalu kita sedang mengecek banjir di wilayah Sekerak. Sambil lewat saya ada melihat jalan yang sebenarnya tidak prioritas untuk di aspal tapi ternyata diaspal sama dinas PU,” kata Bupati Mursil di Kuala Simpang, Minggu (9/1).

Mursil belum tahu secara pasti dinas teknis mana yang mengerjakan pengaspalan jalan ditempat ‘tersembunyi’ tersebut, apakah Dinas PU Provinsi Aceh atau Dinas PUPR Kabupaten Aceh Tamiang. Namun proyek tersebut diduga salah perencanaan. Karena masih banyak akses jalan yang menjadi jalur urat nadi justru belum tersentuh aspal.

“Ini memang ada kesalahan perencanaan saya pikir ya. Banyak sekalai jalan yang harus prioritas tapi tidak diprioritaskan. Ini bukan prioritas ini, ini cukup dengan pengerasan atau pakai dana desa dicor saja sudah selesai ini sebenarnya, Ngapain lah harus diaspal, mubazir kali ini,’ ungkap Mursil.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Aceh Tamiang Baihaki Ahyat dikonfirmasi menjelaskan, pada tahun 2021 Dinas PUPR Aceh Tamiang tidak ada kegiatan pengaspalan di lokasi tersebut. Kemungkinan, lanjut Baihaki kegiatan tersebut milik Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh. Namun Dinas PUPR setempat tidak dilibatkan sama sekali.

“Karena orang itu tidak ada koordinasi sama kita baik dalam pelaksanaan, pengawasan maupun perencanaan enggak dilibatkan kita. Memang orang ini ada datang untuk SPPD, sekadar datang aja. Tapikan kita tidak tau misi apa yang mau dibuat,” sebut Baihaki.
Baihaki Ahyat memaparkan, ada sembilan paket pekerjaan dari provinsi atau APBA berlokasi di Aceh Tamiang. Nama paket yang disinggung Bupati Aceh Tamiang yakni, Peningkatan Jalan Gampong Sekerak Kanan, Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang senilai Rp 455 juta.

“Itu jalan kampung, setahu kami selama ini belum pernah ada pengerasan. Tapi itu kayaknya paket Perkim bukan Bina Marga. Kalau Bina Marga pasti selalu ada koordinasi. Perkim kan’ mengurusi jalan lingkungan dan perumahan, tidak ada laporan ke kita,” ujarnya.

Beredar kabar proyek jalan aspal di Kampung Sekerak Kanan tersebut berasal dari aspirasi anggota DPRA Dapil Aceh 7. Adapun ke sembilan paket proyek bersumber dari dana APBA TA 2021 yang dikerjakan di Aceh Tamiang, berikut masing-masing judul dan pagunya, Pembangunan Jalan Lingkungan Permukiman Dusun Bangun Sari II –Dusun Ampera Kampung Alue Selebuh, Kecamatan Kejuruan Muda senilai Rp 546 juta.

Kemudian pembangunan Talud Jalan Dusun Bakti Desa Pahlawan, Kecamatan Karang Baru senilai Rp 455 juta, Pembukaan Jalan Penghubung Permukiman Kampung Paya Meta-Alur Baung Rp 546 juta, Peningkatan Jalan Dusun Ingin Jaya, Kampung Perkebunan Pulau Tiga, Kecamatan Tamiang Hulu Rp 1,3 miliar lebih.

Berikutnya Peningkatan Jalan Kampung Sekerak Kanan, Kecamatan Sekerak Rp 455 juta, Peningkatan Jalan Kampung Suka Ramai I, Kecamatan Seruway dengan pagu Rp 2 miliar lebih serta Peningkatan Jalan Penghubung Kecamatan Sekerak, Rabat Beton Dusun Damai Kampung Sampaimah, Kecamatan Manyak Payed dan Rabat Beton Dusun Lalang Kampung Alur Cucur, Kecamatan Rantau masing-masing senilai Rp 455 juta. (ddh/rus)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Jika Terpilih Bupati, Ayah Wa Siap Jalankan Program Penting Demi Aceh Utara

22 July 2024 - 17:35 WIB

Ini Alasan Joe Biden Mundur dari Kandidat Capres Amerika 

22 July 2024 - 15:51 WIB

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar: Pemasangan Bendera ‘Memudar’

22 July 2024 - 15:10 WIB

Kata Kakanwil Meurah Budiman Usai UPP Satgas Saber Pungli Aceh Lakukan Audiensi Dengan Pj. Gubernur Aceh

22 July 2024 - 15:07 WIB

Brigjen Armia Fahmi Pimpin Upacara Pembukaan Diktukba Polri di SPN Polda Aceh

22 July 2024 - 13:40 WIB

Korban Laka Lantas di Aceh Didominasi oleh Pelajar dan Mahasiswa

22 July 2024 - 09:49 WIB

Trending di UTAMA