Rakor Penanggulangan Banjir, Asrizal Ungkap Ada Perambahan Hutan

Anggota DPR Aceh Fraksi PAN, Asrizal H. Asnawi

HARIANRAKYATACEH.COM – Anggota DPR Aceh Fraksi PAN, Asrizal H. Asnawi menyebut salah satu penyebab banjir yang melanda kawasan pantai timur Aceh (Aceh Tamiang, Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Utara), adalah kerusakan hutan.

Hal ini diutarakan Ketua DPD PAN Aceh Tamiang itu, dalam rapat koordinasi terkait penanggulangan bencana banjir di daerah pemilihan Aceh V, VI dan VII di gedung DPR Aceh, Rabu (12/1).

“Jadi, saya terima laporan dari kawan-kawan pecinta Off Road. Bahwa banyak kawasan hutan di daerah pedalaman yang rusak atau gundul,” sebut Asrizal.

Menurut Asrizal, pecinta Off Road yang melapor kepadanya, kerap menemukan adanya kawasan hutan yang gundul di pedalaman Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur.

“Mereka ini (Off Roader), masuk ke kawasan pedalaman, menemukan adanya alat berat Escavator di hutan dan diduga bekas pembalakan liar,” tutur Asrizal menukil laporan pecinta olahraga otomotif berlumpur itu.

Karenanya, Asrizal meminta Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan aparat penegak hukum dapat menindak tegas perilaku perambahan hutan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Perlu adanya sikap tegas Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum, untuk memberantas mafia kayu yang beroperasi di pedalaman Aceh,” pinta Anggota Komisi III DPR Aceh ini. (put)