Kios dan Rumah Warga Ludes Terbakar

TERBAKAR - Satu unit kios beserta rumah milik Jailani (40) warga Gampong Blang Pala Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, ludes dilalap si jago merah pada Rabu (12/1) sekira pukul 07.00 WIB. FOR RAKYAT ACEH

ACEH UTARA (RA) – Satu unit kios beserta rumah milik Jailani (40) warga Gampong Blang Pala Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, ludes dilalap si jago merah pada Rabu (12/1) sekira pukul 07.00 WIB. Penyebab kebakaran itu diduga akibat kebocoran selang gas elpiji rumah tangga.

Akibatnya, istri Jailani terpaksa dilarikan ke Puskesmas karena tangan dan kakinya mengalami luka bakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta. Informasi yang diterima Rakyat Aceh, api cepat menjalar dan menghanguskan seluruh isi kios dan sebagian rumahnya yang berkonstruksi semi permanen.

Sementara warga yang mengetahui kebakaran itu, langsung berusaha untuk memadamkan kobaran api dengan air seadanya. Kemudian, membantu memindahkan barang-barang yang dapat diselamatkan.

Camat Banda Baro, M Amien dikonfirmasi Rakyat Aceh menyampaikan, pihaknya merasa prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa rumah warganya. Apalagi, dalam kebakaran itu mengalami korban jiwa, dimana istri Jailani terpaksa dibawa ke Puskesmas setelah tangan dan kakinya luka bakar.

“Saat ini kita akan menyalurkan bantuan masa panik kepada Jalaini untuk kebutuhan keluarga,” katanya.

Selain itu, Camat Banda Baro ini juga meminta kepada Jailani supaya tabah dalam menghadapi cobaan ini. Sementara itu, Tajuddin salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Banda Baro menyebutkan, dirinya sudah turun ke lokasi rumah terbakar tersebut.

“Kepada Pak Wan Geuchik Gampong Blang Pala, saya minta tolong dibantu administrasi, seperti surat keterangan miskin, surat keterangan kebakaran, fotokopi ktp dan kk (jika masih ada), kirimkan ke Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara,” ungkapnya. (arm/icm)