LAN Bireuen Enam Pengurus Ikuti Diklatsus ke Bandung

Enam pengurus LAN Bireuen yang mengikuti Diklatsus 2022 ke Bandung. FOR RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Sejumlah enam (6) pengurus Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Bireuen mengikuti Pembekalan Pendidikan Dan Pelatihan Khusus (Diklatsus) Tahun 2022 di Hotel Geo Wisata Inn, Bandung.

Kegiatan dengan mengusung tema, “Melalui Semangat Juang Nasional Penanggulangan Bahaya Narkotika (PBN) Dari Sabang Hingga Marauke Bersama Lembaga Anti Narkotika (LAN) Mari Selamatkan Masa Depan Generasi Bangsa Dengan Berantas Tunas Sapu Bersih Narkotika Dari Bumi Nusantara” ini, berlangsung selama 4 hari, terhitung sejak tanggal 12 – 15 Januari 2022 mendatang.

Ketua LAN Kabupaten Bireuen, Zulfikar kepada media ini, Rabu (12/1) mengatakan, sejumlah 6 pengurus yang mengikuti Diklatsus ke Bandung terdiri dari, Zulfikar, Akhyar Rizki, Antoni, Tgk M Nailul Fadhal, Raihan Putri dan Al- Munadia.

Disebutkan, peserta yang mengikuti pelatihan ke Bandung merupakan delegasi dari pengurus LAN Provinsi serta pengurus dari Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.
“Ini adalah bukti totalitas perjuangan belanegara para pengurus LAN Bireuen dalam menseriusi penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaksana program Penanggulangan Bahaya Narkoba (PBN) di daerah dan sekaligus ini sebagai bukti nyata dalam menjalani amanah sebagai pengurus,” katanya.

Zulfikar mengatakan, jauh-jauh dari Bireuen ke Bandung untuk menuntut ilmu sebagai bekal ketika turun ke desa-desa dalam mensosialisasikan bahaya Narkoba dan zat adiktif berbahaya lainnya.

“Kami sangat serius membantu Pemerintah dalam memberantas narkotika. Walaupun dengan keterbatasan anggaran bahkan harus mengeluarkan uang pribadi guna mengikuti Diklatsus ke Bandung, namun tidak membuat para delegasi asal Bireuen patah semangat dalam menuntut ilmu ke ranah nasional,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan, mengingat kabupaten Bireuen sudah sangat banyak kasus yang ditangani pihak berwajib tentang penyalahgunaan narkotika, khususnya jenis sabu-sabu. Bahkan, ratusan Kilogram sabu di pasok dari luar negeri melalui Bireuen, pihaknya selalu berupaya mencari jalan keluar dalam penanganan barang haram ini, sehingga bertekad mencari ilmu sampai ke Bandung guna meningkatkan kapasitas diri.

“Ucapan terimakasih kepada para donatur yang ikut membantu para delegasi dari Bireuen. Pengurus yang berangkat ke Bandung merupakan pemuda hebat yang dapat memberi efek positif kepada daerah. Karena itu, kita harus selalu mensupport apapun yang dilakukan para pemuda, selagi masih dalam kegiatan yang memberikan efek positif bagi daerah,” tegasnya.

Ia juga meminta dukungan pihak BNN dan Pemerintah daerah (Pemda) dalam menjalankan semua program kerja (pokir) yang sudah dirancang oleh pengurus LAN Bireuen, untuk diimplementasikan kepada masyarakat. (akh/icm)