Rumah Warga Ambruk ke Sungai Akibat Abrasi

Rumah ambruk. Antara

IDI (RA) – Dua unit rumah di Desa Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur, ambruk ke sungai akibat abrasi pascabanjir.

“Abrasi sungai Alue Ie Mirah, kini semakin menjadi-jadi. Puluhan rumah sepanjang aliran sungai juga ikut terancam ambruk,” kata M Nuraki, warga Alue Ie Mirah, di Aceh Timur, Minggu.

Selain puluhan rumah, ruang belajar balai pengajian desa setempat juga semakin terancam dengam abrasi sungai. Bahkan, para santri diungsikan ke ruang belajar lain mengingat kondisi sebagian tiang berkonstruksi kayu itu mulai tergantung dari tanah.

“Pasca banjir, abrasi sungai semakin mengancam lokasi pengajian para santri karena abrasi sungai semakin parah. Dua tiang penyangga bangunan sudah tergantung dari tanah,” kata Waled Hasanuddin, warga lainnya.

Agar tidak terus-terusan mengeruk lahan warga dan rumah masyarakat, Waled Hasanuddin meminta pemerintah membangun talut sepanjang aliran sungai.

“Penanganan perlu segera karena banjir baru-baru ini berdampak besar terhadap masyarakat, baik jembatan putus, rumah rusak, dan fasilitas pendidikan juga ikut rusak,” kata Waled Hasanuddin. (ant/icm)