150 Kg Sabu Bersandar di Kuala Langsa

Barang bukti 150 kg sabu dalam karung goni bersama tersangka saat diamankan di kapal boat. BAHTIAR

HARIANRAKYATACEH.COM – Sebanyak 150 kg narkoba jenis sabu asal luar negeri yang berhasil diamankan aparat gabungan Polda Aceh dan Patroli Bea Cukai saat diseludupkan ke Aceh di perairan Jambo Aye, Aceh Utara, pada pukul 10.00 Wib bersandar di pelabuhan Kuala Langsa, Kamis (20/1).

Berdasarkan data yang di peroleh Rakyat Aceh, penangkapan 150 kg sabu tersebut dalam sebuah kapal asal luar negeri di perairan Jambo Aye dipimpin oleh Dir Narkoba Polda Aceh Kombes Pol Rudi Setiawan dan Komandan Patroli Bea Cukai Daniel Bryan.

Pengungkapan upaya penyuludupan 150 kg sabu ini berawal dari pengembangan informasi Sat Narkoba Polres Aceh Timur pada Selasa 18 Januari 2022, bahwa selama ini penyuludupan narkoba sering terjadi melalui pelabuhan Jambo Aye, Aceh Utara.

Menindaklanjuti informasi tersebut, tim Sat Narkoba Polres Aceh Timur bersama Polda Aceh dibawah pimpinan Dir Narkoba Kombes Pol Rudi Setiawan, melakukan olah TKP lewat pengintaian dan tracking hp terhadap aktifitas yang terjadi sekitar perairan Jambo Aye, Aceh Utara.

Selanjutnya pada Rabu 19 Januari 2022 sekitar pukul 23.30 Wib tim gabungan mendapat informasi bahwa ada kapal yang membawa narkoba jenis sabu-sabu berasal dari luar negeri akan masuk ke perairan Aceh.
Sehingga pada Kamis (20/1) dini hari sekitar pukul 00.15 Wib, tim gabungan Dir Narkoba Polda Aceh bersama Sat Narkoba Polres Aceh Timur dibantu Kapal Patroli Bea Cukai Kepri melakukan penangkapan kapal boat yang diduga membawa narkoba jenis sabu dimaksud di Perairan Jambo Aye, Aceh Utara.

Untuk pengamanan, saat itu juga tim Polda Aceh dan Sat Narkoba Aceh Timur membawa kapal boat yang mengangkut 150 kg Sabu asal luar negeri ke pelabuhan Kuala Langsa.
Selanjutnya, barang bukti sabu bersama 3 orang tersangka diamankan ke Mapolres Langsa untuk penyelidikan lebih lanjut. (dai)