Aceh Selatan Gandeng USK Tingkatkan Kompetensi ASN

TAPAKTUAN (RA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menggandeng Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh untuk meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah tersebut.

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran di Banda Aceh, Senin, mengatakan peningkatan kompetensi tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan pendidikan program studi magister ilmu ekonomi dengan lulusan S2 bagi ASN di Pemkab Aceh Selatan.

“Dengan pendidikan magister ini diharapkan lahir sumber daya manusia yang memiliki inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta berdampak pada peningkatan perekonomian daerah,” kata Tgk Amran.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran usai menandatangani kerja sama pendidikan program studi magister dengan Rektor USK Banda Aceh Prof Samsul Rizal.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran mengatakan kerja sama untuk mendukung kompetensi sumber daya manusia di lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

Menurut Bupati, penyelenggaraan pendidikan magister ini untuk memenuhi kebutuhan ASN yang memiliki kompetensi pendidikan lebih tinggi, terutama dalam mengisi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

“Peningkatan kompetensi pendidikan ini sudah menjadi kebutuhan bagi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan. Dengan kerja sama ini diharapkan melahirkan lulusan magister ilmu ekonomi yang berdampak pada perekonomian masyarakat,” kata Tgk Amran.
Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Samsul Rizal berterima kasih kepada Bupati Aceh Selatan yang memercayakan pendidikan magister ilmu ekonomi kepada perguruan tinggi tertua di Provinsi Aceh tersebut.

“Kerja sama ini membangun sumber daya manusia berkualitas. Kami siap bekerja sama di bidang lainnya, tidak hanya pendidikan,” kata Prof Samsul Rizal.

Menurut, Prof Samsul Rizal, tugas Universitas Syiah Kuala tidak hanya pendidikan, tetapi juga riset atau penelitian dan pengabdian masyarakat. Berbeda dengan kampus perguruan tinggi di luar negeri, yang tugasnya hanya pendidikan dan penelitian.

“Kami menawarkan program pengabdian masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan. Dengan program pengabdian ini kita bisa mencari solusi permasalahan yang terjadi di masyarakat,” kata Prof Samsul Rizal. (ant/bai)