TBM Ruman Aceh Menerima Sumbangan 1.350 Bacaan

Pembina TBM Ruman Aceh, Ahmad Arif, menerima 222 bacaan dari keluarga yang mendatangi basecampnya. IST/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Taman bacaan masyarakat (TBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh menerima sumbangan 1.350 bahan bacaan dari masyarakat secara sukarela sepanjang tahun 2021, baik dari dalam maupun luar Aceh.

Pendiri sekaligus Pembina TBM Ruman Aceh, Ahmad Arif mengungkapkan, hal tersebut di basecampnya yang berada di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh pada Jumat (14/1) pagi.

“Total bacaan tersebut disumbangkan oleh 52 orang dari dalam dan luar Aceh. Di antara mereka ada yang menyumbang lebih dari sekali. Alhamdulillah, terima kasih banyak buat semua penyumbang atas atensi, apresiasi dan donasinya,” ujar Arif.

Sumbangan itu, imbuh Arif selanjutnya, diterima pihaknya melalui beberapa cara. Pertama, diantarkan penyumbang ke lokasi wisata buku gratis mibara (minggu baca rame-rame) di lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Kedua, dikirimkan ke basecamp Ruman Aceh. Ketiga, dijemput oleh tim Ruman Aceh ke rumah atau lokasi yang diarahkan oleh penyumbang. Keempat, ditransfer sejumlah dana, lalu tim Ruman Aceh membelikan bacaan yang dibutuhkan.

“Sumbangan bacaan itu beserta koleksi pustaka sebelumnya digunakan untuk tiga kegiatan berkelanjutan. Yaitu, rumah pustaka, joek atau hibah buku dan mibara,” imbuhnya.

Sebagai informasi, selama tahun 2021, TBM RUMAN Aceh menghibahkan 436 bacaan kepada 3 sekolah negeri dan satu Meunasah. Juga menghibahkan 199 Alquran kepada 3 TPA dan 2 dayah. Membuka 3 spot baru program rumah pustaka di luar Banda Aceh. (ril/bai)