Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 25 Jan 2022 16:08 WIB ·

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Unimal Terakreditasi SINTA 4


 Jurnal Akuntansi dan Keuangan Unimal Terakreditasi SINTA 4 Perbesar

HARIANRAKYATACEH.COM – Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh (Unimal) sebagai wadah komunikasi keilmuan bagi akademisi dan peneliti bidang Akuntansi.

JAK terbit secara berkala, dua kali setahun setiap bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini ber E-ISSN:2716-022X dan P-ISSN : 2301-4717. Berdasarkan pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2021 dan telah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 164/E/KPT/2021, tanggal 27 Desember 2021 maka dengan ketentuan yang terlampir didalamnya, JKA berada pada peringkat 4 atau terakreditasi SINTA 4.

Hal ini disampaikan Ketua Jurusan Akuntansi dan Bisnis, Dr Murhaban kepada media ini, Senin (24/1).

“Alhamdulillah Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) telah terakreditasi SINTA 4. Ucapan terimakasih kepada Pengelola yang terdiri dari Dewan editorial, Dewan reviewer dan juga para penulis, yang telah membantu menyukseskan akreditasi nasional ini dan telah banyak melakukan terobosan baru dalam banyak hal, mengakses informasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Sementara itu, Indrayani M Si selaku Editor In Chief menjelaskan, menuju SINTA 4 ini melalui berbagai tahapan yang tidak mudah, untuk tahapan teknis penerbitan dimulai dari penggunaan full Open Journal Syistem (OJS). Author melakukan submission naskah secara langsung ke OJS, proses review dilakukan full OJS, hingga dinyatakan diterima oleh Chief Editor terhadap naskah tersebut.

“Sedangkan tahapan teknis pengajuannya full via online namun dengan syarat yang sangat ketat yang harus dipenuhi termasuk salah satunya kunjungan perhari harus di atas 30 pengunjung,” sebut Indrayani.

Ucapan terima kasih, juga diutarakan Indrayani kepada Bapak Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr Hendra Raza, Ketua LPPM Universitas Malikussaleh, Dr Muhammad Daud ST MT dan juga kepada Bapak Nasrul ZA ST MT selaku Ketua Pusat Pengembangan Jurnal Unimal, yang selalu siap membantu dalam proses Publikasi melalui OJS.

Disebutkan, pengelolaan Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) Prodi Akuntansi Universitas Malikussaleh dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Selaku Ketua LPPM, Dr Muhamad Daud sangat mendukung program akreditasi jurnal nasional tersebut, berbagai program peningkatan kualitas manajemen dan substansi artikel jurnal telah dilaksanakan secara berkala bagi para pengelola dan penulis jurnal di lingkungan Universitas Malikussaleh pada tahun 2021, serta terus berupaya meningkatkan kapasitas para penulis dan pengelola jurnal ilmiah melalui berbagai pelatihan, baik yang diselenggarakan oleh internal Unimal maupun oleh pihak eksternal seperti Lembaga Asosiasi Jurnal, Perguruan Tinggi, dan Kementerian terkait pengelolaan jurnal.

Ia berharap, kedepannya Jurnal Akuntansi dan keuangan (JAK) bisa terus meningkat dari peringkat 4 ke peringkat yang lebih baik yaitu ke peringkat 3 atau bahkan peringkat 2.

“Keberhasilan Akreditasi Jurnal JAK tidak terlepas dari bantuan pendampingan Bapak Mursalin S Pd M Pd dalam pengajuan akreditasi ke arjuna. Beliau juga dosen dan pengelola Malikussaleh Journal of Mathematics Learning dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unimal yang juga telah terakreditasi Sinta 4 pada tahap 1 2021. Mursalin juga salah seorang aktivis pegiat publikasi jurnal ilmiah perwakilan Organisasi Sosial Relawan Jurnal Indonesia Wilayah Aceh,” pungkas Daud.

Untuk mencapai Sinta 2 perlu bekerja ekstra sedikit lagi dalam mencari naskah-naskah artikel terbaik untuk dipublikasikan pada Jurnal JAK, dan selalu melakukan proses Review by OJS. Mengupayakan semua reviewer bekerja melakukan proses review dengan maksimal agar memenuhi standar butir-butir evaluasi akreditasi. (akh)

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Komnas HAM: Pemerintah Harus Jaga Tulang Belulang di Rumoh Geudong Korban Pelanggaran HAM di Aceh

29 March 2024 - 16:32 WIB

YARA Ajukan Permintaan Dokumen Pengelolaan Parkir Dishub dan RSUD Subulussalam

29 March 2024 - 15:34 WIB

Launching Berkah PLN Mobile, Pelanggan PLN di Aceh Bisa Mendapatkan Hadiah Umrah

29 March 2024 - 14:59 WIB

Bagaimana Hukum Mengerjakan Sholat Tarawih Tapi Belum Sholat Isya? Simak Penjelasannya!

29 March 2024 - 14:48 WIB

LPTQ Aceh Gelar Haflah Tadarus Ramadhan di Masjid Tungkop

29 March 2024 - 14:46 WIB

Persentase Kelulusan SNBP 2024 Siswa Aceh Capai 42,12 Persen, Meningkat dari Tahun Lalu

29 March 2024 - 14:26 WIB

Trending di UTAMA