Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 25 Jan 2022 14:38 WIB ·

Peringati Maulid Darul Muta’alimin Gelar Serangkaian Kegiatan MTQ


 TPQ Darul Muta'alimin, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan serangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di balai pengajian setempat, Minggu (23/1). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

TPQ Darul Muta'alimin, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan serangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) di balai pengajian setempat, Minggu (23/1). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Tempat Pengajian Qur’an (TPQ) Darul Muta’alimin, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan serangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di balai pengajian setempat, Minggu (23/1).

Ada sembilan cabang perlombaan yang diperlombakan, yaitu lomba pidato, hafalan juz 30, hafalan surat Al-Mulk, hafalan do’a sehari-hari, hafalan surat pendek, lomba hafal sifat 20 beserta dalil, lomba praktek dan hafalan doa shalat jenazah, tilawatil quran dan lomba baca kitab. Semua cabang perlombaan terselesaikan dengan maksimal selama seharian dan diikuti oleh 62 peserta terpilih untuk berbagai perlombaan.

Selain menggelar serangkaian kegiatan MTQ, TPQ Darul Muta’alimin Gandapura mengadakan malam pembagian hadiah serta Dakwah Islamiah yang di sampaikan oleh Tgk Muniruddin dari Plimbang Bireuen pada Minggu malam, dimulai sejak pukul 20.30 hingga 00.30 WIB.

Pimpinan balai pengajian TPQ Darul Muta’alimin, Tgk. H. Zakaria Abdullah mengatakan, rasa syukur kepada Allah Swt, yang senantiasa melimpahkan rahmat dan inayah-Nya, sampai saat ini balai pengajian yang sudah didirikan sejak tahun 1963 masih berdiri kokoh di Gandapura.

Tgk Zakarian menyebutkan, sudah banyak alumni dari santri Darul Muta’alimin yang sudah sukses di bidangnya masing-masing. Maka dari itu, pihaknya terus memberikan motivasi kepada para santri supaya selalu mengedepankan kepeduliaannya terhadap ilmu agama untuk bekal masa depan.

“Dalam moment bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW, kami senantiasa selalu mengarahkan para santri untuk peduli terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan seperti mendalami Al-Qur’an dengan baik dan benar, karena pedoman orang Islam dalam berkehidupan tidak dapat di pisahkan dari isi kandungan Al quran,” ujar Tgk Zakaria yang sering disapa Pakwa ini.

Pada kesempatan ini juga, melalui Media Harian Rakyat Aceh, guru besar dan pengelola TPQ Darul Muta’alimin, Tgk Alidin juga menyampaikan, keluarga besar Darul Muta’alimin mengharapkan dukungan dari masyarakat agar selalu menjenguk anak-anaknya yang sudah diamanahkan untuk diajarkan pengetahuan agama.

“Kami berharap, semoga dengan terselenggarakannya kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami seperti ini, sehingga dapat menumbuhkan minat para santri untuk selalu belajar pendidikan agama dan lebih rajin mendalami kandungan isi Al-Quran,” sebut Tgk Alidin.
Pada penutupan acara Musabaqah turut di hadiri oleh Keuchik Desa Lingka Kuta, para aparatur Desa, para tokoh masyarakat, wali santri, warga sekitar, para alumni dan ratusan santri Darul Muta’alimin. (akh/icm)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Sekda Langsa Buka Kegiatan Dialog Penguatan Strategi SBS

28 March 2024 - 15:22 WIB

Tiga Kab di Aceh Dorong Pencapaian Stop Buang Besar Sembarangan

28 March 2024 - 15:00 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pasar Murah Rp150 Ribu/Paket 

28 March 2024 - 06:21 WIB

Pendaftaran Calon Pansel Panwaslih Bireuen Dibuka

25 March 2024 - 18:17 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR