Tim SAR Temukan Mengapung Jasad Penyelam Lobster di Simeulue ‎

Tim Basarnas Pos SAR Simeulue, evakuasi jasad Diki penyelam lobster. Kamis (27/1). Ahmadi - harianrakyataceh.com. 

HARIANRAKYATACEH.COM  – Tim gabungan SAR telah menemukan Diki (23) pria lajang asal desa Situfa Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, dengan kondisi meninggal dunia dan mengapung, Kamis (27/1).

‎Ditemukannya jasad penyelam dan pencari lobster itu sekitar 1 mil laut dari lokasi kejadian, kemudian dievakuasi tim SAR dan diserahkan kepada pihak keluarga almarhum, yang sebelumnya dilaporkan hilang, di perairan laut setempat, Selasa (25/1) malam‎

Terkait telah ditemukannya jasad penyelam dan pencari lobster itu, disampaikan ‎di jelaskan ‎‎Kakansar M. Agus Wibisono, SE, melalui Humas Basarnas Nias Sumatera Utara, Asanimu Waruwu, kepada harianrakyataceh.com, Kamis (27/1).‎

“‎sejak kemarin Basarnas dibantu unsur TNI, Polri, BPBD dan warga kita digelar operasi pencarian hingga hari ini, terhadap korban atas nama Diki berusia 23 tahun yang dilaporkan pihak kelurganya. Siang tadi, korban ditemukan dengan kondisi mengapung dan meninggal dunia, sekitar 1 mil laut dari lokasi dilaporkan hilang”, katanya.

Masih menurut Humas Basarnas Nias Sumatera Utara,tim SAR gabungan evakuasi jasad almarhum, kemudian diserahkan kepada pihak keluarganya dan pemerintah desa Situfa Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, serta operasi pencarian resmi ditutup.‎

“Usai dilakukan evakuasi, kemudian kita serahkan kepada pihak keluarga korban dan pemerintahan desa. Dan operasi SAR resmi di tutup Basarnas  Nias Provinsi Sumatera Utara”, imbuh ‎Humas Basarnas Nias Sumatera Utara, Asanimu Waruwu‎.‎

‎Sebelumnya aparat desa Situfa Jaya dan keluarga penyelam lobster itu melaporkan kepada pihak Basarnas Nias Pos SAR Simeulue, dan kemudian Basarnas menggelar operasi pencarian dibantu unsur TNI, Polri, BPBD dan masyarakat setempat, Rabu (26/1).

Telah ditemukannya jasad Almarhum Diki, penyelam dan pencari lobster itu, juga dibenarkan, Laswin Ilyas Kepala Desa Situfa Jaya, Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, harianrakyataceh.com, Kamis  (27/1).

“Alhamdulillah, warga kita sudah ditemukan tim SAR. Kondisi warga kita itu telah meninggal dunia dan hari ini juga kita kebumikan di pemakaman umum Desa Situfa Jaya, serta terima kasih kepada tim Basarnas gabungan”, kata Kades Situfa Jaya.

Dia menyebutkan sebelum kejadian Diki sempat ‎pamit kepada ibu kandung, untuk menyelam dan mencari lobster di garis pantai perairan laut desa Situfa Jaya, namun sekitar pukul 22:00 WIB, warga melihat ada cahaya senter yang menyala dan mengapung terombang-ambing dipermukaan laut.

Warga merasa curiga, senter tersebut tidak kunjung padam, kemudian berupaya mencari tahu penyebabnya dan menemukan senter itu tidak bertuan serta sejumlah peralatan alat selam lobster ditemukan, dan selanjutnya dilaporkan kepada pihak warga.

“Warga kita menemukan senter yang menyala dan mengapung dilaut, sekitar lebih 50 meter dari bibir pantai‎, perlengkapan lainnya juga ditemukan dilokasi. Kawasan lokasi itu memang ganas ombak lautnya”, imbuhnya. (ahi).