Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 10 Feb 2022 16:45 WIB ·

Prodi HI Umuslim Gelar Webinar Kolaboratif Nasional


 Prodi HI FISIP Umuslim menggelar webinar Kolaboratif Nasional via Zoom, Rabu (9/2).
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Prodi HI FISIP Umuslim menggelar webinar Kolaboratif Nasional via Zoom, Rabu (9/2). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Program studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Al-Muslim (Prodi HI FISIP Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, menggelar webinar nasional bertajuk, “Paradiplomasi: Kompleksitas Kerjasama Luar Negeri Daerah di Indonesia (Provinsi Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Aceh)”.

Webinar ini merupakan hasil kerjasama antara Prodi HI Umuslim dengan Prodi HI Universitas AMIKOM, Yogyakarta.

Pelaksanaannya menggunakan aplikasi zoom, Rabu (9/2) disiarkan secara langsung pada akun youtube prodi HI Umuslim dengan nama channel, Prodi HI Universitas Almuslim.

Sejumlah 3 narasumber nasional mengisi kegiatan ini, yaitu Dr Takdir Ali Mukti S Sos MSi selaku pakar paradiplomasi Indonesia, Risky Novialdi SIP M HI selaku pemerhati paradiplomasi Aceh dan Sannya Pestari Dewi SIP MA selaku pemerhati paradiplomasi Yogyakarta.

Hal ini disampaikan Ketua Prodi HI Umuslim, Fauzi S IP MA kepada Harian Rakyat Aceh, Kamis (10/2).

Ia menyebutkan, webinar yang dilaksanakan sebagai langkah kontribusi positif bagi mahasiswa, masyarakat, Pemerintah dan khususnya kepada prodi HI Umuslim, yang merupakan satu-satunya prodi HI di Aceh.

“Pentingnya kerjasama kembali Aceh dengan daerah-daerah di luar negeri, khususnya Malaysia dan Turki dalam rangka mencapai program Aceh Meugo, Aceh Seujahtera dan Aceh Carong,” ujarnya.

Dalam webinar ini, sebutnya, hal yang perlu menjadi perhatian kedepannya adalah kerjasama luar negeri daerah tidak hanya sebatas pemenuhan MoU. Lebih daripada itu, dibutuhkan kebijakan kaya untuk meningkatkan kolaborasi daerah dengan luar negeri melalui tindakan nyata demi kesejahteraan masyarakat dan kejayaan Aceh kembali.

Sementara Dekan FISIP Umuslim, Rahmad S Sos MAP menyambut baik kegiatan ini sebagai bagian implementasi merdeka belajar kampus merdeka dan MoA antara FISIP Umuslim dengan Fakultas Ekonomi dan Sosial (FES) Universitas AMIKOM Yogyakarta. Terutama kajian tentang hubungan kerjasama luar negeri daerah, khususnya Aceh dengan daerah-daerah yang ada di Luar Negeri.

“Saya berharap dengan kegiatan dan tema seperti ini, ada kolaborasi berkelanjutan antara kedua daerah untuk memajukan pendidikan dan kerjasama Internasional daerah,” pungkasnya.

Rahmad mengaku, Dekan FES AMIKOM Yogyakarta, Emha Taufiq Luthfi ST M Kom menyambut baik harapan ini. Menariknya, webinar ini selain memberikan pengetahuan baru terkait paradiplomasi, studi kasus yang diangkat merupakan dua daerah istimewa yang ada di Indonesia, juga memiliki kedekatan emosional secara historis. (akh)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Said Mulyadi Terima SK Sebagai Cabup Dari NasDem

20 July 2024 - 06:08 WIB

Kapolda Aceh Launching Layanan Penerbitan SIM C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya

19 July 2024 - 21:02 WIB

Aceh Utara Berduka, 226 unit Rumah dan Kedai Rusak

19 July 2024 - 11:35 WIB

Puting Beliung Rusak 53 Rumah Warga Nibong dan Langkahan Aceh Utara

19 July 2024 - 09:59 WIB

Kapolres Aceh Tamiang: Layani Masyarakat dengan Hati dan Niatkan sebagai Amal Ibadah

19 July 2024 - 09:37 WIB

Kodim 0102/Pidie Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

18 July 2024 - 14:06 WIB

Trending di DAERAH