Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 16 Feb 2022 15:51 WIB ·

Peduli Sejarah, Mualem Bersama Ketua DPRK Bireuen Ziarahi Makam Habib Bugak


 Mualem bersama Ketua DPRK Bireuen, Ceulangiek dan didampingi para eks kombatan GAM mengunjungi makam Habib Bugak di Desa Pante Peusangan Bugak, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Selasa (15/2) sore.
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Mualem bersama Ketua DPRK Bireuen, Ceulangiek dan didampingi para eks kombatan GAM mengunjungi makam Habib Bugak di Desa Pante Peusangan Bugak, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Selasa (15/2) sore. AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Sebagai bentuk kepedulian dan rasa cinta kepada para ulama terdahulu, H Muzakkir Manaf alias Mualem, menziarahi makam Habib Abdurrahman Bin Alwi Al-Habsyie atau dikenal dengan sebutan Habib Bugak Al-Asyi, yang berlokasi di Desa Pante Peusangan Bugak, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Selasa (15/2) sore.

Disela-sela kunjungan, Mualem kepada Harian Rakyat Aceh mengaku, tujuannya ke Bireuen untuk mengunjungi ulama karismatik Aceh dan juga pimpinan Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam, Abu H Muhammad Amin yang dikenal dengan panggilan Abu Tumin Blang Bladeh. Setelah itu, sebutnya, ia menziarahi makam Habib Bugak.

“Ulama sebagai penerang dunia. Tanpa ulama, tiada keberkahan dan ilmu pengetahuan agama yang diperoleh. Jika ke Bireuen, kami tetap menyempatkan diri berkunjung ke rumah ulama dan menziarahi makam ulama terdahulu,” ujarnya.

Ia menyebutkan, cikal bakal perjuangan Habib Bugak dapat dirasakan oleh masyarakat Aceh. Sebagai bukti nyata, setiap tahunnya warga Aceh yang menunaikan haji akan diberikan uang pengganti sewa rumah dari pengelola Baitul Asyi, yakni sekitar Rp 4,5 juta per jamaah.

Mualem mengatakan, dengan berkat adanya tanah wakaf milik Habib Bugak di Mekkah, semua masyarakat Aceh mendapatkan kontribusi dari hasil wakaf tersebut. Karenanya, kita sebagai bangsa Aceh harus berdoa kepada habib sebagai rasa terimakasih atas segala dedikasinya.

“Kawasan makam Habib Bugak sangat cocok untuk dibuat destinasi wisata religi, supaya masyarakat Aceh ketika naik haji dan pasca pulang dari tanah suci, bisa berziarah ke makam Habib dengan nyaman,” sebutnya.

Pria yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat Gubernur ini juga berharap kepada Pemerintah Aceh dan Pemkab setempat, untuk peduli serta memikirkan pembangunan sarana dan prasarana menuju ke makam Habib Bugak. Mengingat, makam tersebut tidak hanya di kunjungi oleh masyarakat Aceh saja, melainkan oleh para pengunjung dari berbagai daerah bahkan dari negara lain.

Sementara Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S Sos alias Ceulangiek yang turut mendampingi Mualem juga mengatakan, kunjungan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap perjuangan para ulama, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh bangsa Aceh saat ini.

“Kami berharap dukungan penuh dari Mualem untuk pembangunan sarana dan prasarana menuju ke Makam Habib Bugak. Semoga perbaikan segera terealisasi, karena masyarakat sangat menginginkan kawasan makam Habib tertata rapi dan menjadi destinasi religi di Kabupaten Bireuen,” pungkas orang nomor satu di kantor Dewan Bireuen ini.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, tokoh Peusangan yang juga sahabat dekat Mualem, Dedi santri alias Raja GM. Kemudian, Mentri KPA Saiful Bahri dan sejumlah eks kombatan GAM. (akh)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kodim 0102/Pidie Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

18 July 2024 - 14:06 WIB

Jaga Ekosistem Alam, Kodim 0102/Pidie dan Jajaran Semai 3000 Bibit Pohon Keras dan Manggrove

17 July 2024 - 12:44 WIB

Kodim 0102/Pidie Dan Subdenpom IM/1-3 Sigli Periksa Kelengkapan Kenderaan Prajurit

16 July 2024 - 11:57 WIB

DPRK Abdya Usul Tiga Nama Calon Pj Bupati

16 July 2024 - 06:22 WIB

Siapkan Hadiah Rp 30 Juta, Piala Ketua Askab PSSI Bireuen Bergulir di Cureh

16 July 2024 - 06:19 WIB

Operasi Patuh Seulawah, Ingatkan Pengendara Kembali Tertib Berlalulintas

15 July 2024 - 17:29 WIB

Trending di DAERAH