Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 20 Feb 2022 17:24 WIB ·

Gandeng PWI Aceh, Unida Buka Kran Program Beasiswa


 Foto dokumentasi mahasiswa Unida Kampus Lamteuba menyerahkan karya bonsai kelapa kepada Rektor Unida, Prof. Syafei Ibrahim. (Dok Unida) Perbesar

Foto dokumentasi mahasiswa Unida Kampus Lamteuba menyerahkan karya bonsai kelapa kepada Rektor Unida, Prof. Syafei Ibrahim. (Dok Unida)

HARIANRAKYATACEH.COM I BANDA ACEH – Kabar gembira bagi anak-anak Aceh yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun terkendala biaya. Tak perlu kecewa, karena Universitas Iskandar Muda (Unida) Banda Aceh membuka kesempatan kuliah dengan program beasiswa yang menawarkan berbagai keunggulan.
“Program yang berasal dari aspirasi anggota DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal ini dikhususkan untuk anak-anak Aceh non-PNS maupun TNI/Polri. Dalam pelaksanaannya kita gandeng PWI Aceh untuk bekerjasama,” kata Rektor Unida Banda Aceh, Prof. Dr. Syafei Ibrahim, MSi didampingi Wakil Rektor 3, Dr. Bustamam Ali, M.Pd pada pertemuan dengan Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, dua hari lalu.
Bustamam Ali menyebutkan, program beasiswa yang dibuka oleh Unida kali ini memiliki beragam keunggulan, karena terbuka untuk masyarakat biasa yang termasuk di dalamnya anak-anak wartawan anggota PWI.
“Menurut penelusuran kami, banyak anak-anak wartawan yang memiliki kemauan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun orangtua mereka tak punya kemampuan secara ekonomi. Ini kesempatan bagi mereka,” ujar Bustamam Ali yang duduk sebagai Dewan Penasehat PWI Aceh.
Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin mengapresiasi pihak Unida Banda Aceh—termasuk anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal—yang telah secara sungguh-sungguh memperjuangkan kesempatan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk bisa memasuki pendidikan tinggi.
“Peluang ini juga harus direbut oleh anak-anak wartawan anggota PWI,” kata Nasir.
Menurut Ketua PWI Aceh, pihaknya akan mensosialisasikan program ini dan sekaligus mendata anak-anak wartawan anggota PWI yang akan masuk jenjang pendidikan tinggi.
“Semoga mereka bisa memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya,” kata Nasir Nurdin.
Segera Teken MoU
Terkait kerja sama PWI Aceh dengan Unida Banda Aceh, menurut Bustamam Ali akan segera dibuat MoU-nya dan akan ditandatangani oleh masing-masing pihak.
“Kalau memungkinkan kita teken MoU di Sabang dengan mengundang Bu Illiza,” kata Bustamam.
Program beasiswa yang akan dikucurkan itu terbuka bagi anak-anak kelas III SMA tahun ini (2022) atau yang tamat setahun lalu.
Besaran beasiswa yang ditanggung mencapai Rp 2,4 juta per mahasiswa per semester.
Selain itu, juga ditanggung biaya hidup Rp 7,5 juta per semester yang dikirim langsung ke rekening mahasiswa bersangkutan.
“Salah satu persyaratan agar beasiswa berlanjut adalah prestasi yang dibuktikan antara lain dengan meningkatnya IP setiap tahun,” ujar Bustamam Ali dengan menambahkan dalam waktu dekat akan diumumkan berbagai persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon penerima beasiswa. “Ya, segera kita umumkan,” tandasnya.
Miliki 12 Prodi
Rektor Unida, Prof. Dr. Syafei Ibrahim, MSi menambahkan, hingga saat ini perguruan tinggi yang dipimpinnya memiliki lima fakultas dengan 12 prodi.
Rinciannya, Fakultas Fisipol (Prodi Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan Sosiatri/Pembangunan Sosial).
Fakultas Teknik (Prodi Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin).
FKIP (Prodi PGSD, Matematika, dan Bahasa Inggris).
Fakultas Pertanian memiliki satu prodi yaitu Agro Teknologi). Sedangkan Fakultas Syariah Ekonomi Islam dua prodi yaitu Hukum Keluarga dan Perbankan Syariah.
“Untuk S2, Unida memiliki Program Pascasarjana Ilmu Administrasi,” kata Prof. Syafei. (ra)
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Luncurkan Markas di Tanah Rencong, Wamenkominfo: Upaya Perkuat Ekosistem Startup di Aceh

29 March 2024 - 10:58 WIB

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Trending di METROPOLIS