Lima Hektar Lahan di Kaki Burni Telong Terbakar

Personil pemadam kebakaran mencoba memadamkan api yang sedang menjalar di kawasan kaki Burni Telong Kampung Uning Gelime Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Sabtu (19/2). MASHURI | RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Bener Meriah menerjunkan dua unit pemdam kebakaran (damkar) guna memadamkan lahan kosong terbakar di kaki Burni Telong Kampung Uning Gelime, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah Sabtu (19/2).

Kalak BPBD Bener Meriah melalui Kasi Damkar, Rahmatullah kepada Rakyat Aceh menyampaikan, sebanyak 5 hektar lahan kosong milik warga di dekat Batalyon RK 114/Satria Musara hangus terbakar.

Disebutkanya, kebakaran terjadi pukul 12.47 WIB, dan baru dapat dipadamkan pada pukul 16.00 WIB setelah dua unit Damkar pos utama diterjunkan. “Saat kejadian, Babinsa, Koramil Wih Pesam dan masyarakat Uning Gelime juga berjibaku memadamkan api dan Alhamdulillah saat ini sudah padam,” ungkapnya.

Pihaknya juga belum mengetahui siapa pemilik lahan tersebut dan apa penyebab terjadinya kebakaran itu. “Itu lahan milik masyarakat, tetapi kami tidak tahu itu milik siapa” ujarnya.
Setelah mendapat laporan adanya kebakaran lahan dari masyarakat pihaknya mengaku langsung terjun kelapangan untuk membantu memadamkan api. “Saat ini api sudah padam namun kita tetap siaga karena sewaktu-waktu lahan tersebut dapat kembali terbakar,” ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan tanpa pengawasan saat cuaca sedang terik (Panas ) dan segera melaporkan kepada pihak berwajib bila ada orang yang tidak bertanggung jawab melakukan pembakaran lahan/hutan. (uri/min)