Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

ENTERTAIMENT · 2 Mar 2022 11:41 WIB ·

Buat 5 Kreasi “Cream” Sup Sehat dan Mudah dengan Blender


 Buat 5 Kreasi “Cream” Sup Sehat dan Mudah dengan Blender Perbesar

Buat 5 Kreasi “Cream” Sup Sehat dan Mudah dengan Blender

Sup umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu clear soup (sup bening) dan thick soup (sup kental).

Sup bening merupakan masakan berkuah bening yang biasa terbuat dari daging atau sayuran, kemudian didihkan dengan tambahan bumbu. Di Indonesia ada berbagai kreasi masakan sup bening, seperti sup iga, sup buntut, sup ikan Batam, sup Medan, dan lainnya. Masakan berkuah bening ini juga kerap dinikmati bersama dengan nasi, alias sebagai lauk pauk.

Sedangkan untuk sup kental, bahan utama dihaluskan dan dilarutkan dengan terigu atau maizena yang diberi susu ataupun air kaldu. Salah satu jenis sup kental yang cukup populer adalah cream soup. Teksturnya yang kental membuat krim ini sekilas mirip dengan bubur. So, jangan salah sangka ya!

Ada banyak sekali kreasi sup krim, Anda bisa coba bikin sendiri di rumah, tidak ribet alias simple. So, Kenapa harus beli kalau bisa bikin sendiri? Selain bisa mengasah skil memasak, bikin sendiri lebih aman karena bebas dari bahan pengawet. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Sup tomat

Tomat memiliki kandungan gizi yang melimpah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat tomat lebih detail:

● Mencegah kanker. Sumber vitamin c dan antioksidan yang terkandung dalam tomat dapat melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker, salah satunya kanker prostat. Selain itu, kandungan likopen tidak hanya sekedar pemberi warna merah pada buah tetapi juga mampu mencegah kanker prostat

● Menjaga kesehatan jantung. Ketahui bahwa tomat mengandung likopen dan beta-karoten yang tinggi. Kedua kandungan ini dapat menekan resiko terhadap serangan jantung. Semakin tinggi kadar likopen dan beta-karoten, maka semakin rendah risiko Anda mengalami serangan jantung

● Menangani diabetes. 100 gram terdapat 1, 8 serat. Dengan mengkonsumsi buah ini Anda dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

● Melancarkan pencernaan. Kandung air dan serat pada tomat mampu menyokong pergerakan usus sehingga BAB menjadi lancar. Sedangkan, serat dapat membuat dapat membuat kotoran lebih mudah keluar.

● Menyehatkan mata. Sebagai indra penglihat, mata harus dijaga dengan baik. Nah, kandungan antioksidan pada tomat memiliki peran dalam melindungi mata dari berbagai kerusakan mata, salah satunya katarak.

● Melindungi kulit. Kekurangan vitamin C sangat tinggi resiko mengalami kerusakan kulit, seperti cepat keriput, muncul bercak hitam, dan kendur. So, untuk menghindarinya, pastikan asupan vitamin C dalam tubuh tercukupi, termasuk dengan cara mengkonsumsi tomat dan jeruk.

Tomat tidak hanya bisa dijadikan sambal tetapi juga bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan krim sup. Bahkan, konsumsi sup tomat lebih sehat karena lebih rendah kalori. Sesuai warna bahan yang digunakan, tampilan makanan ini berwarna memiliki warna merah.

Sup Brokoli

Brokoli merupakan tanaman yang sering dibudidayakan sebagai sayur. Makanan kaya nutrisi dan gizi ini termasuk salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis, yaitu Brassica oleracea. Meskipun brokoli dominan diolah menjadi sup bening, ternyata menjadi cream sup juga bisa lho! Dengan menggunakan tiga bahan utama, yaitu brokoli, kaldu, dan susu. Sup ini mengandung vitamin K dan kalsium yang melimpah, keduanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, yaitu kondisi tulang yang lemah dan rapuh.

Sup Wortel

Sayuran berwarna oranye ini banyak digemari karena rasanya yang enak dan baik untuk kesehatan. Wortel ini terkenal kaya vitamin tapi rendah lemak dan protein. Wortel bisa dimakan mentah, direbus, dibuat jus, atau dibuat sup. Fyi, Berikut kandungan pada wortel:

● Vitamin K1. Dikenal juga dengan filokuinon atau fitomenadion. Vitamin K penting untuk mencegah dan mengatasi pendarahan akibat penggunaan antikoagulan atau penyakit lainnya.

● Vitamin B6. Nutrisi yang baik untuk perkembangan saraf otak.

● Biotin. Sangat berperan penting dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak.

Sup Jamur

Bila Anda menggunakan jamur kuping, sup akan bertekstur creamy tanpa perlu menambahkan krim atau susu yang terlalu banyak. Sup ini sangat cocok untuk penderita kolesterol dan obesitas. Ini dikarenakan jamur rendah kolesterol sehingga tidak akan menambah berat badan. Anda bisa memvariasikannya dengan toping, salah satunya garlic bread.

Selain jamur kuping, Anda juga bisa menggunakan jamur hioko dan kancing.

Sup Alpukat

Siapa nih yang suka buah alpukat? Yuk bikin dengan varian yang berbeda. Umumnya, alpukat diolah menjadi jus, ternyata alpukat juga bisa dibikin jadi krim sup lho! Teksturnya lembut dan creamy sangat cocok dinikmati baik saat cuaca dingin maupun hangat. Meskipun alpukat bisa creamy tanpa bahan tambahan, tidak ada salahnya jika tetap menambahkan keju untuk rasa yang lebih mantap.

Btw, sup alpukat bisa disimpan dulu dalam lemari pendingin ataupun langsung dinikmati setelah siap saji. Dibalik rasanya yang enak, alpukat juga memiliki khasiat yang luar biasa sama seperti sup lainnya. Apa saja? Menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan mata, dan mencegah kanker.

Untuk membuat berbagai macam sup di atas, Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskan tomat, brokoli, wortel, jamur, hingga alpukat. Untuk pilihan blender, sebaiknya pilih blender tipe 4-in-1 karena selain bisa untuk menghaluskan makanan, ada banyak fungsi lainnya yang berguna di rumah.

Untuk rekomendasinya, ini 4 blender 4 in 1 terbaik di 2022 versi AturRumah.com.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ria Ricis Gugat Cerai Teuku Ryan dengan Gugatan Kumulasi

31 January 2024 - 16:55 WIB

Putri Ariani Rilis Kolaborasi Bareng Alan Walker

4 January 2024 - 14:45 WIB

Traveling ke Aceh, Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Tau

23 December 2023 - 17:08 WIB

Ammar Zoni Ditangkap untuk Ketiga Kali Terkait Narkoba

13 December 2023 - 18:37 WIB

Nakama Banda Aceh Gelar Nonton Bareng Live Action One Piece

5 September 2023 - 08:02 WIB

Arafah, Tempat Pengakuan Dosa Menjadi Tempat Maqbulnya Do’a

26 June 2023 - 06:07 WIB

Trending di ENTERTAIMENT