Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

LASKAR RENCONG · 8 Mar 2022 12:56 WIB ·

Persiapan Tuan Rumah PON, KONI Aceh Minta Pengprov Cetak Wasit Berlisensi


 Persiapan Tuan Rumah PON, KONI Aceh Minta Pengprov Cetak Wasit Berlisensi Perbesar

Harianrakyataceh.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh meminta kepada Pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga di Aceh untuk dapat mencetak sebanyak-banyak wasit berlisensi yang nantinya bisa memimpin pertandingan saat Aceh bersama Sumatera Utara (Sumut) menjadi Tuan Rumah PON XX Tahun 2024.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua KONI Aceh Drs. Bachtiar Hasan saat mewakili Ketua Umum KONI Aceh membuka Pelatihan Wasit Rugby se-Aceh, Senin 7 Maret 2022 di Banda Aceh.

“Pelatihan ini adalah kesempatan yang sangat baik,” kata Bachtiar.

Kepada para peserta pelatihan, Bachtiar juga mengingatkan, untuk dapat menjadi wasit profesional tidak cukup dengan hanya mengikuti satu atau dua kali pelatihan, dan berhenti belajarnya setelahnya. Dibutuhkan penambahan wawasan melalui buku-buku panduan dan pengalaman memimpin pertandingan.

“Serap semua ilmu yang ada pada pelatihan ini, kemudian ditindaklajuti dengan tambahan pengetahuan melalui literasi dan jam terbang lewat pengalaman memimpin pertandingan,” sebut Bachtiar.

“Tidak hanya level nasional, kita juga berharap para wasit Aceh juga bisa berkiprah di ajang internasional seperti Sea-Games dan Asian Games,” tambah Bachtiar.

Sementara itu, Ketua Umum Rugby Aceh Ir. PP Andry Agung, MM menjelaskan, pelatihan yang digelar dari tanggal 7 hingga 10 Maret 2022 tersebut merupakan kerjasama antara Dispora Aceh, PB Rugby Indonesia dan Pengprov Rugby Aceh.

Pelatihan diikuti oleh 48 peserta yang berasal dari unsur Pencab Rugby kabupaten/kota, Club Rugby dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Pelatihan wasit Lisensi C ini merupakan yang pertamakali dilakukan di Aceh. Dari hasil pelatihan ini, kita akan memilih yang terbaik untuk mengikuti pelatihan Lisensi B di tingkat nasional pada Agustus mendatang,” jelas Andry.

Salah seorang pemateri pada pelatihan tersebut adalah Fikri Al Azhar yang merupakan Wasit World Rugby Level II Internasiona sekaligus Senjen PB Rugby Indonesia. Para peserta akan dibahani dengan materi Rugby Values, Rugby Law, Teknik dasar memimpin pertandingan serta praktek lapangan.

Untuk diketahui, Rugby merupakan salahsatu cabang yang nantinya akan dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, dimana Rugby telah ditetapakn dipertandingkan di Aceh.

Pada debut di PON XX Tahun 2021 lalu di Papua, Rugby Aceh berhasil meraih medali perunggu. (imj/rif)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Terpilih Aklamasi, Saifuddin Muhammad Kembali Pimpin Askab PSSI Bireuen

15 July 2024 - 14:35 WIB

Ditunggu Skuadra Birueun

9 July 2024 - 10:33 WIB

Soal Larangan Transfer, Nazaruddin Dek Gam: Persiraja tidak Ada Masalah dengan FIFA

26 June 2024 - 15:08 WIB

Dimulai Besok, HIPMI Aceh Cup 2024 Perebutkan Hadiah Rp150 Juta

26 June 2024 - 12:45 WIB

Ponpes Darul Amanah Satu- satunya Pesantren yang Ikuti Kompetisi Sepak Bola di Bali 7s Se-Asia Tenggara

21 June 2024 - 17:48 WIB

Kongres PSSI 2024, Persiraja Harapkan Peningkatan Kualitas Wasit

10 June 2024 - 20:17 WIB

Trending di LASKAR RENCONG