Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 13 Mar 2022 15:35 WIB ·

Drone Militer Rusia Salah Sasaran Jatuh di Kroasia, NATO Dikritik


 Police inspect site of a drone crash in Zagreb, Croatia, Friday, March 11, 2022. A drone that apparently flew all the way from the Ukrainian war zone crashed overnight on the outskirts of the Croatian capital, Zagreb, triggering a loud blast but causing no injuries, Croatian authorities said Friday. (AP Photo/Darko Bandic) Perbesar

Police inspect site of a drone crash in Zagreb, Croatia, Friday, March 11, 2022. A drone that apparently flew all the way from the Ukrainian war zone crashed overnight on the outskirts of the Croatian capital, Zagreb, triggering a loud blast but causing no injuries, Croatian authorities said Friday. (AP Photo/Darko Bandic)

HARIANRAKYATACEH.COM – Sebuah pesawat militer tak berawak (drone) terbang jauh dari zona perang Ukraina dan jatuh di pinggiran ibukota Kroasia, Zagreb. Jatuhnya drone salah sasaran itu memicu ledakan keras tetapi tidak menyebabkan cedera. Para pejabat Kroasia mengkritik NATO karena terlalu lambat mendeteksi pesawat tak berawak militer tersebut.

Sebuah pernyataan oleh Dewan Keamanan Nasional Kroasia mengatakan pesawat militer tanpa pilot memasuki wilayah udara Kroasia dari negara tetangga Hungaria dengan kecepatan 700 kilometer per jam (430mph) dan ketinggian 1.300 meter (4.300 kaki). Dewan mengatakan bahwa penyelidikan kriminal resmi akan diberitahukan.

Pakar militer dari majalah online The War Zone mengatakan bahwa pesawat itu kemungkinan merupakan pesawat pengintai tak berawak Tu-141 Strizh era Soviet yang pasti tidak berfungsi dengan baik dan melintasi seluruh Hungaria dan ke Kroasia dari Ukraina. Walikota Zagreb Tomislav Tomasevic mengatakan bagian dari benda terbang itu meledak dan tersebar di beberapa lokasi.

“Tidak ada yang terluka dan itu adalah keberuntungan,” kata Tomasevic seperti dilansir dari Aljazeera, Minggu (13/3).

“Sebab ini adalah objek yang relatif besar. Sungguh menakjubkan bahwa tidak ada yang terluka,” katanya.

Foto-foto dari tempat kejadian menunjukkan potongan-potongan logam dari puing-puing berserakan di tanah, parasut juga tergantung di cabang-cabang pohon. Polisi menutup area ledakan untuk penyelidikan.

Saksi mata mengatakan, mereka pertama kali mendengar ledakan besar yang mengguncang tanah, kemudian bau busuk. Sekitar 40 mobil yang diparkir rusak, tetapi tidak ada yang terluka setelah ledakan keras.

NATO Disebut Lambat

Laporan Times of Israel, NATO mengatakan pertahanan udara dan rudal terintegrasi aliansi telah melacak jalur penerbangan objek tersebut. Namun, Perdana Menteri Kroasia mengatakan pihak berwenang negara itu tidak diberitahu.

“Kami tidak dapat menoleransi situasi ini, dan seharusnya tidak pernah terjadi,” kata Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic saat mengunjungi lokasi kecelakaan.

“Ini adalah ancaman yang murni dan jelas dan baik NATO maupun UE seharusnya bereaksi,” katanya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ini Alasan Joe Biden Mundur dari Kandidat Capres Amerika 

22 July 2024 - 15:51 WIB

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar: Pemasangan Bendera ‘Memudar’

22 July 2024 - 15:10 WIB

Kata Kakanwil Meurah Budiman Usai UPP Satgas Saber Pungli Aceh Lakukan Audiensi Dengan Pj. Gubernur Aceh

22 July 2024 - 15:07 WIB

Brigjen Armia Fahmi Pimpin Upacara Pembukaan Diktukba Polri di SPN Polda Aceh

22 July 2024 - 13:40 WIB

Korban Laka Lantas di Aceh Didominasi oleh Pelajar dan Mahasiswa

22 July 2024 - 09:49 WIB

Selain Penindakan melalui ETLE, Ops Patuh Seulawah juga Fokus pada Sosialisasi, Terutama kepada Pelajar

21 July 2024 - 22:31 WIB

Trending di UTAMA