Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 14 Mar 2022 19:15 WIB ·

Rapai Daboh Masih Eksis di Pulau Simeulue


 Seni rapai daboh ‎masih eksis di pulau Simeulue. Kamis (10/3). Ahmadi - harianrakyataceh.com Perbesar

Seni rapai daboh ‎masih eksis di pulau Simeulue. Kamis (10/3). Ahmadi - harianrakyataceh.com

HARIANRAKYATACEH.COM – Seni Rapai Daboh atau dikenal seni Debus hingga saat ini masih tetap eksis di kalangan masyarakat Kabupaten Simeulue, dan diketahui kesenian ini telah dikenal serta terpelihara turun temurun sebelum revolusi Kemerdekaan.

Sehingga ‎seni rapai daboh atau debus ‎hingga saat ini masih tetap eksis dan terpelihara di kalangan masyarakat dalam Kabupaten Simeulue, serta para seniman rapai daboh itu dikenal rata-rata memiliki keahlian khusus ilmu bathin yang mumpuni‎.‎

Setiap digelarnya atraksi rapai daboh yang menggunakan peralatan benda-benda tajam dan alat musik sederhana jenis rebana yang ditabuh secara apik, sehingga mampu menyedot perhatian oleh penonton dari berbagai kalangan usia,

Seni rapai daboh itu menggunakan benda-benda tajam terbuat dari besi, rantai besi dan bambu serta nibung yang diruncingkan, serta biasanya aktrasi itu digelar ditempat terbuka dan duduk melingkar di pimpin oleh seseorang yang dituakan dan sering disebut sebagai”Khalifah”.

Irama yang dilantunkan serentak dan mampu membangkitkan  bathin para seniman yang hendak turun ke gelanggang untuk atraksi daboh, dan terlebih dahulu seniman daboh itu harus minta restu dan ijin dari sang”khalifah” pemimpin rapai daboh.

‎Harianrakyataceh.com, yang ikut serta menyaksikan antraksi seni rapai daboh atas permintaan hajatan keramaian yang digelar oleh salah satu keluarga besar warga desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, 10 Maret 2022 silam.

Penonton berdesakan dan tidak terlihat wajah cemas dan takut melihat langsung secara dekat, saat menyaksikan atraksi rapai daboh, meskipun para senimannya menghujamkan dan mengiris kulit tubuhnya dengan benda tajam berupa rantai, pisau hingga pedang.

Secara bergiliran, bahkan bersamaan para seniman rapai daboh memainkan benda tajam yang dihujamkan ke tubuhnya namun tidak melukai dan tidak menembus kulit tubuhnya, justru sebaliknya bengkok dan patah ujung pisau yang kemudian disangkutan pada atap panggung lokasi atraksi.

‎”Rapai daboh atau Debus ini, agak jarang muncul yang digelar di depan publik.  Maka malam ini saya beruntung dapat menyaksikannya”, kata Suryani (43) ibu rumah tangga, dengan mata tak berkedip menyaksikan atraksi para seniman yang sedang memainkan benda tajam.

Sementara Rijal (50) salah seorang seniman rapai daboh yang ditemui harianrakyataceh.com, usai atraksi juga membenarkan, kesenian tersebut jarang muncul digelar ke publik, namun tetap masih eksis dan selalu ditunggu dan di saksikan oleh warga Kabupaten Simeulue.

“Rapai daboh atau Debus ini, memang jarang muncul tapi tetap eksis dan ditunggu untuk ditonton”, kata Rijal yang telah menggeluti seni rapai daboh atau Debus itu sejak masih berusia remaja warisan dari orang tuanya.

Rijal juga menyebutkan, untuk belajar dan menggeluti seni rapai daboh atau Debus itu, tidak semudah membalikan tangan, disebabkan erat kaitannya serta harus paham dengan tatacara ilmu bathin atau ilmu kebal.

“Ilmu bathin atau ilmu kebal ini hampir rata-rata dimiliki oleh warga asli Simeulue, terutama saat hendak merantau keluar daerah. Dan ilmu bathin ini tidak sembarangan di perlihatkan, kecuali dalam kedaan terdesak dan tidak untuk disalah gunakan”, imbuhnya. (ahi).

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ratusan masyarakat Aceh Barat deklarasi dukung Bustami maju di Pilkada 2024

20 July 2024 - 21:25 WIB

Danrem Lilawangsa Intruksikan Kodim Aceh Utara Bangun Dapur Umum 

20 July 2024 - 20:30 WIB

Kodim 0103/Aceh Utara Peringati 1 Muharram 1446 H Dengan Menggelar Doa Bersama.

20 July 2024 - 16:39 WIB

PKM Poltekkes Kemenkes Aceh, Fokus Sosialisasi Kesehatan Ibu dan Anak

19 July 2024 - 18:33 WIB

Aceh Utara Berduka, 226 unit Rumah dan Kedai Rusak

19 July 2024 - 11:35 WIB

Puting Beliung Rusak 53 Rumah Warga Nibong dan Langkahan Aceh Utara

19 July 2024 - 09:59 WIB

Trending di DAERAH